Sabtu, 28 Mei 2011

SEO Google | Cara dan Teknik SEO untuk Navigasi Website atau Blog

Navigasi sebuah website atau blog mendapatkan peran yang penting dalam melakukan cara dan teknik SEO Google. Nagivasi website atau blog, oleh Google digunakan sebagai salah satu mekanisme crawl Googlebot. Jika Googlebot melakukan crawl suatu halaman website atau blog, maka Googlebot juga akan meneruskan crawlnya kesemua link yang ada di halaman tersebut. Jika link-link yang ada diset 'follow' maka Googlebot akan meneruskan crawlnya sedangkan jika hanya diset 'nofollow' maka Googlebot tidak akan meneruskan crawlnya. Inilah, kenapa pentingnya suatu navigasi suatu website atau blog di Google SEO. Metode cara dan teknik Search Engine Optimization dasar ini adalah salah satu cara link building strategy.

Navigasi di website atau blog bisa dibuat dengan berbagai macam cara, seperti:

Sitemap
Sitemap bisa terdiri atas 2, yaitu pertama, untuk Googlebot dan kedua untuk manusia. Sitemap untuk Googlebot biasanya akan dibuat secara otomatis di Blogger maupun Wordpress berupa sebuah file xml yang berupa sebuah feed. Sitemap untuk manusia biasanya adalah sebuah halaman posting yang berisikan susunan struktur website tersebut.

Navigasi di Setiap Posting
Di Blogger dan Wordpress banyak sekali template atau theme yang disediakan. Salah satu cara mengetahui apakah theme tersebut SEO friendly atau bukan adalah dengan melihat struktur navigasinya. Ciri-ciri search engine friendly suatu sistem navigasi sebuah theme atau template Blogger atau Wordpress adalah seperti contoh dibawah:

Navigasi pada Wordpress/></td></tr>
<tr><td class=Navigasi pada Wordpress

 Wordpress memiliki banyak theme yang memiliki navigasi yang bagus untuk Search Engine Optimization Friendly seperti contoh diatas. Carilah theme yang mempunyai navigasi link ke halaman utama dan halaman sebelum dan sesudah posting yang bersangkutan. Contoh diatas, navigasinya bahkan mempunyai anchor text yang sesuai judul posting sebelum dan sesudah posting bersangkutan, berbeda dengan navigasi template dari Blogger seperti gambar dibawah.

Jadi, jika kita ingin menggunakan tempate Blogger, carilah template yang mempunyai navigasi seperti theme Wordpress diatas yang menggunakan Anchor text judul posting.

Navigasi pada Blogger
Navigasi pada Blogger

Internal Link
Internal link bisa digunakan oleh manusia dan Googlebot. Untuk manusia/pengunjung website atau blog, internal link digunakan untuk masuk kesebuah link yang memiliki relevansi dengan anchor text link tersebut dan contohnya sebagai berikut:

Navigasi untuk pengunjung dapat dioptimalkan dengan menambahkan judul dari link tersebut.

Navigasi Link dan Breadcrumb
Navigasi Internal Link dan Breadcrumb

Navigasi Breadcrumb
Pada gambar diatas yang saya berikan kotak berwarna hijau adalah navigasi Breadcrumb yang saya tambahkan di blog Blogger ini. Banyak referensi bagaimana cara menambahkan plugin ini di Blogger sedangkan untuk di Wordpress saya belum pernah mencobanya. Jika anda bisa mendapatkan theme Wordpress yang memiliki navigasi seperti breadcrumb ini akan lebih baik lagi.

Cara SEO ini merupakan bagian dari cara dan teknik SEO Blogspot/SEO  Blogger dan SEO WordPress.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya ini sangat bermanfaat sekali bagi blog software saya.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah jika posting SEO ini bermanfaat. Terima kasih kembali untuk kunjungannya ke Blog SEO Google ini.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.