Minggu, 29 Mei 2011

SEO Google dan Internet Marketing di Indonesia

SEO Google dan Internet Marketing berkembang cukup baik di Indonesia tetapi perkembangan SEO khususnya Google SEO dan Internet Marketing di Indonesia belum terlalu menjadi perhatian bagi perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil pencarian Google Indonesia yang belum menghasilkan peringkat 10 besar Google dari website perusahaan-perusahaan besar di Indonesia tersebut. Banyak keyword-keyword yang menjadi niche dari perusahaan-perusahaan tersebut belum dioptimalkan secara baik, sepertinya perusahaan-perusahaan Indonesia belum 'melirik' pentingnya Google Indonesia sebagai media marketing mereka di Internet. Mereka masih lebih 'percaya' untuk mengiklankan produk-produknya melalui media online dan belum memaksimalkan metode Search Engine Optimization untuk website-websitenya. Meskipun website mereka mempunyai Google PageRank yang tinggi dan content dengan niche yang terfokus, tetap saja pemahaman Internet Marketing melalui Google masih belum menarik perhatian mereka.

Untuk pencarian di Google Indonesia saja masih belum disentuh, apalagi untuk SERP Google global. Pertanyaan yang umum adalah apakah memang perusahaan-perusahaan Indonesia belum tahu powerfulnya Google sebagai media Internet Marketing?

Ada perusahaan asing di Indonesia yang mempunyai produk lampu hemat energi. Perusahaan ini pernah membuka lowongan, kalau tidak salah, Internet Manager yang mempunyai tugas melakukan strategi marketing di Internet. Tetapi ketika saya research keyword-keyword niche perusahaan ini, seperti "Lampu", "Lampu Hemat Energi" dan "Lampu Tower BTS", tidak satupun halaman website perusahaan tersebut terindeks di 10 besar atau halaman pertama SERP Google Indonesia.

Ada sebuah perusahaan maskapai penerbangan terbesar di Indonesia yang memiliki produk-produk tiket pesawat internasional dan tur. Saya coba research keyword-keyword nichenya, seperti "Tiket Promo", "Promo Tiket Pesawat" dan "Tiket Pesawat", tidak satupun hasil 10 besar SERP Google Indonesia dari websitenya. Hhhmmm, bagaimana bisa 10 besar di Google global jika di Google Indonesia saja tidak masuk sama sekali. Sedangkan Google PageRank perusahaan ini sangat tinggi. Jadi kualitas Search Engine Optimization suatu website tidak identik dengan tinggi rendahnya Google PageRank.

Sebagian besar hasil SERP Google Indonesia untuk keyword-keyword diatas didominasi oleh teman-teman yang menggunakan Google sebagai media Internet Marketing untuk bisnis online mereka. Perlahan, saya yakin, teman-teman yang melakukan bisnis online akan menjadi pengusaha-pengusaha yang sukses karena mereka melihat pasar yang besar melalui Google.

Itu hanya sebagian sangat kecil dari contoh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dan hanya untuk pencarian di Google Indonesia. Bagaimana kita bisa mempromosikan produk-produk Indonesia melalui Google global, yang merupakan alat Internet Marketing yang paling bagus, jika Search Engine Optimization Google tidak tiadaptasi oleh perusahaan-perusahaan besar Indonesia. Sepertinya tugas para pakar SEO Indonesia akan sangat berat untuk mempromosikan ilmu Internet Marketing ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.