Minggu, 29 Mei 2011

Link Building Strategy - Penjelasan

Link Building Strategy merupakan suatu proses Search Engine Optimization/SEO Google yang wajib diketahui oleh setiap blogger dan webmaster. Link building strategy memegang peranan penting di SEO Google seperti yang secara inplisit dijelaskan di Panduan SEO Google.

Link building strategy ini terbagi atas 2, yaitu: Internal Link dan Backlink dan dibawah ini adalah penjelasan dari macam-macam link building strategy:

Internal Link
Internal link mempunyai pengaruh besar terhadap hasil Google SEO di SERP Google. Internal link strategy dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, seperti:
  1. Membuat navigasi blog yang Google SEO friendly.
  2. Menambahkan beberapa widget/plugin seperti "Popular Posts", "Recent Posts" atau "Related Posts".
  3. Membuat internal link melalui satu posting ke posting yang lain dengan menggunakan Anchor Link. Link Building Strategy ini merupakan salah satu dari Deep Linking Strategy.
Deep Linking Strategy
Deep Linking merupakan salah satu link building yang akan membuat tautan ke alamat URL suatu posting website atau blog dan bukan ke URL beranda blog. Link building strategy ini dapat digunakan dalam mencari backlink melalui berkomentar di blog atau membuat internal link.

Reciprocal Link
Link building ini adalah link dua arah yang biasanya didapatkan dari Link Exchange Building. Jika anda mempunyai beberapa blog, membuat reciprocal link sangat disarankan, sehingga terjadi link-wheel diantara blog-blog tersebut. Jika itu dilakukan, backlink ke blog anda juga akan bertambah.

Catatan untuk Reciprocal Link Building adalah blogger atau webmaster harus memperhatikan kesamaan niche blog asal dengan blog anda. Hindari blog yang mempunyai 'lingkungan' yang buruk terhadap blog anda.

Link Wheel Strategy
Link Wheel Strategy merupakan salah satu Link Building Strategy yang biasanya digunakan pada internal link. Link wheel strategy bertujuan agar terjadi tautan menyeluruh terhadap seluruh posting website atau blog. Navigasi yang SEO friendly dapat membantu banyak untuk link building strategy ini.

Backlink yang Berkualitas
Link building strategy ini akan menghasilkan Google Pagerank yang tinggi jika kita mempunyai strategy yang baik. Hindari melalukan sp*mming dan mendapatkan backlink dari 'lingkungan' yang buruk terhadap blog kita.

Social Media Link Building
Social media seperti Facebook dan Twitter merupakan generasi berikut dari Internet yang sering disebut dengan Web 2.0. Meskipun kebanyakan backlink dari media-media sosial hanya 'no follow' tetapi saya yakin jika backlink-backlink tersebut mempunyai pengaruh di SERP Google karena backlink tersebut terdaftar di Google Webmaster Tools.

5 komentar:

  1. kalo caranya mbuat reciprocal di web tu gmn mas?

    BalasHapus
  2. Danank, biasanya meminta link exchange dengan webmaster blog lain atau menautkan blog-blog yang kita miliki satu sama lain. Contoh recipcoral link di Blog SEO ini adalah link Blog SEO Indonesia milik Mukhiban dan tautan blog saya ini dibuatkan juga di blog beliau.

    BalasHapus
  3. wahh saya sih selama ini ga tau gan.taunya cari backlink dari luar aja,emang sih banyak jg saya dgr kalo internal link itu bagus pengaruhnya untuk SERP.makanya blakangan ini posting saya sering saya taut2kan,hehehe.

    BalasHapus
  4. ternyata macam2nya banyak juga ya linkbuilding itu dan harus dipraktekkan satu per satu ni
    terima kasih untuk ilmunya..

    BalasHapus
  5. boleh tahu mas.
    prioritas link building yang digunakan?

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.