Senin, 23 Mei 2011

Kontes SEO di Indonesia - Review

SEO Indonesia sekarang sedang diramaikan oleh banyaknya kontes Search Engine Optimization. Mulai dari produk mobil sampai dengan produk perawatan badan. Banyaknya kontes SEO ini membuat saya tertarik untuk ingin mengikuti salah satunya, yaitu kontes SEO "Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia". Ketika saya berusaha untuk berkompetisi, ternyata sudah banyak sekali pakar-pakar SEO maupun blogger Indonesia yang sudah ikut serta, sehingga saya mengurungkan niat saya untuk terus maju.

Berkompetisi di kontes SEO di Indonesia memang sangat berat, dikarenakan kurangnya waktu saya berkonsentrasi karena pekerjaan. Tetapi saya ingin melakukan review mengenai kontes SEO di Indonesia sebagai berikut:

Kekuatan kontes Search Engine Optimization di Indonesia adalah pencarian backlink yang serius. Jika kita melakukan research sebentar untuk posisi-posisi 10 besar di Google, posting-posting tersebut rata-rata memiliki lebih dari 1000 backlink, bahkan ada yang mencapai puluhan ribu backlink. Hhhmmm, waktu yang tidak sebentar untuk mencari segitu banyak backlink.

Ada sebuah posting yang berada di 10 besar Google tetapi memiliki backlink hanya dibawah 1000 backlink. Hal ini disebabkan karena posting tersebut memiliki content, on page Search Engine Optimization dan strategi backlink yang lebih baik dari pesaingnya. Ada yang merubah judul blog-nya dengan keyword target yang menyebabkan keyword density blog untuk keyword target semakin relevan sehingga posisi postingnya semakin baik di SERP Google.

Mayoritas backlink yang dicari adalah melalui website-website www.w3-directory.com, braveblog.com, i.ph melalui Tag Board masing-masing blog (khusus untuk 2 website terakhir). Untuk website www.w3-directory.com adalah website yang dofollow sedangkan untuk braveblog dan i.ph adalah website atau blog-blog yang nofollow. Banyak juga yang mencari backlink dari posting-posting blog dofollow dan memiliki Google PR yang tinggi.

Ada peserta yang menggunakan teknik SEO baru yaitu dengan teknik SEO 301 Redirect yaitu teknik SEO yang akan menredirect sebuah URL ke URL yang lain sehingga ketika kita akan klik di URL yang lama maka kita akan mendapatkan halaman URL yang baru. Teknik SEO-nya antara lain:
  • Peserta ini membuat lebih dari 10 posting di blog yang lama yang kontennya mengenai niche dari yang diperlombakan dan masing-masing posting dibuatkan anchor link dengan anchor text target keyword ke posting utama di blog lama. Efek dari banyaknya posting dengan niche yang sama disebuah blog akan meningkatkan keyword density di level blog yang akan sangat membantu meningkatnya peringkat di SERP Google untuk niche tersebut.
  • Di posting utama blog yang lama tadi diberikan backlink yang hampir mirip seperti yang saya jelaskan diatas sehingga posting utama tersebut mempuyai backlink yang hampir sama dengan peserta yang lain.
  • Posting utama tersebut di redirect ke URL posting yang diikutkan lomba di blog yang baru. Dari pengalaman saya melakukan redirect, Google akan 'membawa' semua parameter SEO dari URL yang lama ke URL yang baru termasuk semua nilai onpage SEO dan offpage SEO URL yang lama.
  • Di URL posting yang baru ditambahkan parameter onpage SEO dan offpage SEO untuk menguatkan posting tersebut. Kelebihan peserta ini memiliki blog-blog yang mempunyai halaman web yang jumlahnya puluhan ribu yang memberikan backlink ke URL posting yang baru.
  • Jadi, jika dicek parameter onpage SEO dan offpage SEO-nya, posting yang baru tidak memiliki parameter SEO yang terlalu baik tetapi peserta ini dapat berkompetisi di 5 besar SERP Google. Hal ini karena posting baru mendapat kekuatan parameter SEO dari posting lama dari hasil diredirect.
  • Teknik SEO tersebut merupakan sesuatu yang baru yang dapat membuat bingung para kompetitornya karena akan sulit menganalisa hanya dengan teknik onpage dan offpage SEO biasa. Kalau saya boleh menyebut teknik SEO ini adalah teknik "Distracted SEO". Teknik SEO yang cerdas.
Selama Google tidak memasukkan posting-posting tersebut ke sandboxnya, maka sepertinya tidak menjadi masalah meskipun sebagian besar backlink dibuat dengan anchor yang spammy dengan keyword utama kontes SEO bersangkutan. Google menganggap spammy backlink sebagai spam seperti halnya kasus "link farm" tetapi perubahan algoritmanya hanya dilakukan manual, sehingga spammy-spammy backlink yang lain yang tidak terdeteksi secara manual belum mengalami efek-nya.

Hal lain yang mungkin menjadi penyebab tidak ter-index Google dengan bagusnya posting "Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia" saya karena banyak pakar SEO dunia berpendapat bahwa salah satu Algoritma Google adalah sumber IP dari domain. Blog ini dihosting oleh Blogger atau Blogspot yang memiliki banyak sekali domain turunannya sedangkan IP hostingnya hampir sama semua.sehingga Google hanya akan menempatkan posting-posting yang memang memiliki konfigurasi SEO yang lebih baik, selebihnya akan ditempatkan di index rendah. Jika anda memperhatikan index terendah keyword "Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia", maka akan tampak kumpulan blog-blog dari Blogspot.

Posting saya berubah ranking-nya di SERP Google Indonesia secara drastis dari ranking 700-an menjadi 150-an setelah saya migrasi domain blog SEO ini karena berubahnya IP hosting blog saya, tanpa ada perubahan yang berarti di on page SEO dan off page SEO-nya.

Kontes Search Engine Optimization di Indonesia akan jauh lebih seru jika backlink dibatasi dengan jumlah dan hanya berasal dari commenting atau berkomentar melalui blog walking atau backlink melalui recommended website atau blog yang juri tentukan.

Anyway, kontes Search Engine Optimization di Indonesia telah memberikan warna tersendiri bagi komunitas internet Indonesia dengan banyaknya peserta dan beragamnya posting yang ada. Saya senang sekali melakukan blog walking ke posting-posting peserta dan mendapati banyak pengetahuan baru.

Selamat berjuang para pakar kontes SEO Indonesia, semoga jadi pemenang.

3 komentar:

  1. Solusi yang baik dalam mengadakan kontes adalah kemurnian blog dalam optimasi, bagaimana keberadaan blog di halaman google tanpa melibatkan pihak luar (blog lain). Belajar dari peringkat pertama google.co.id dlm kontes Mari Berkomunitas...dst beberapa hari yg lalu, alexa rendah dan pagerank ) bisa mendapatkan posisi tertinggi. Tapi, anehnya hr ini blog tersebut sudah tidak tampil lagi di hal google.co.id pada page 1-3...apa yang terjadi?

    Menurut saya, backlink punya kekuatan memang. Tapi, kekutan itu tidak akan lama sebagaimana blog yg sy ceritakan diatas. Setelah dilihat2, blog tersebut banyak dpt backlink dari blog PR 3 -PR 4.
    Trims, Salam Blogger (Newbie)

    BalasHapus
  2. Atau sebaliknya. SEO on page posting tersebut bagus tetapi kalah dengan posting-posting lain yang mempunyai backlink yang banyak. Coba deh di cek backlink masing-masing post-nya.

    BalasHapus
  3. thanks for sharing useful info for me, glad to be part of this site, are also proud to comment on this site, our greetings: sigit

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.