Minggu, 29 Mei 2011

Google Panda - Cara Mengatasinya

Setelah melakukan trial untuk algoritma terbarunya, Google telah melakukan release Google Panda kesemua domain Google Search, termasuk di Google Indonesia. Sepertinya Google baru merelease algoritma Google Panda untuk bahasa Inggris sedangkan untuk Bahasa Indonesia belum dilakukan. Hal ini terbukti adanya posting blog lain dari  hasil copy dan paste posting blog seo Google saya ini yang berhasil 'mengalahkan' saya di SERP Google :)

Jika memang Google Panda untuk Bahasa Indonesia belum direlease oleh Google, alangkah baiknya saya memberikan cara dan tips SEO agar posting anda tidak terkena imbasnya. Google Panda akan memberikan ranking posting yang low-quality jauh dari 10 besar di SERP Google.

Untuk mengatasi efek algoritma Google Panda dapat dilakukan dengan cara dan tips sebagai berikut:

Jangan Membuat Posting dari Copy dan Paste Posting Lain.
Jika kita mengikuti blog-blog pakar SEO (Search Engine Optimization) dunia, imbas dari Google Panda sangat terasa oleh para blogger dunia. Apalagi posting-posting yang berasal dari 'content farm' atau kumpulan artikel yang dihasilkan dari penulis freelance yang berada dalam suatu blog. Jika 'content farm' saja terkena imbasnya, apalagi blog-blog yang mengandalkan copy dan paste dari blog lain. Bagi saya, copy dan paste dari posting-posting blog Search Engine Optimization saya ini tidak menjadi masalah jika digunakan untuk berbagi ilmu SEO (Search Engine Optimization)/SEO Google, tetapi sepertinya Google Panda tidak sependapat dengan saya :) Jadi salah satu cara  mengatasi Google Panda adalah membuat artikel yang orisinil.

Tambahkan Integritas Blog Anda
Sebagian algoritma Google Panda akan melihat integritas blog atau website. Semakin 'official' atau 'original' suatu blog maka hasil di SERP Google akan semakin baik. Integritas blog atau website dapat ditingkatkan dengan menambahkan identitas jelas pemilik blog atau website tersebut. Menambahkan "About" atau "Tentang Blog ini" atau "Tentang Saya" akan berguna seperti yang saya lakukan pada blog seo ini. Termasuk didalamnya alamat email dan lokasi alamat jika memang perlu. Semakin jelas integritas suatu blog atau website dapat mengatasi Google Panda bahkan bisa menambah relevansi sebuah blog atau website.

Hati-hati dengan Struktur Bahasa Indonesia yang Digunakan
Struktur Bahasa Indonesia yang baik dapat mengatasi Google Panda.Google Panda untuk Bahasa Inggris mengukur kehandalan struktur bahasa yang digunakan, baik itu grammar, ejaan bahkan kesalahan penulisan yang ada. Saya yakin hal ini juga akan digunakan Google Panda untuk Bahasa Indonesia.

Tambahkan Widget untuk Sharing ke Social Media pada Blog atau Posting
Sepertinya Google sudah memulai, dengan perlahan, menjadi 'more social' pada algoritma Google Panda. Google Panda akan melihat banyaknya interaksi sosial yang ada pada posting.

Jangan Terlalu Banyak Iklan
Algoritma Google Panda juga akan menilai banyaknya iklan yang ada di suatu posting atau blog. Untuk anda yang membuat blog atau website yang hanya ingin 'mencari' uang di Internet melalui iklan, lebih baik mulailah mereview tampilan blog anda. Google melihat relevansi dan integritas sebuah blog atau website dari kontennya. Memaksimalkan konten dan membuat sebuah blog atau website semakin relevan akan mengatasi efek dari Google Panda. Kita saja, apalabila browse sebuah blog atau website dengan banyak iklan akan merasa kurang nyaman dan saya yakin Google sudah memikirkan hal ini.

Konten yang Berkualitas
Sekali lagi, Google tetap bersikukuh bahwa SEO atau Search Engine Optimization Google yang baik adalah konten yang berkualitas atau High-Quality Content. Konten yang memiliki struktur yang baik, dimulai dari judul, pembukaan, isi dan penutup yang rinci, jelas dan relevan satu sama lain akan dinilai 'High-Quality Content' oleh Google Panda. Konten yang komprehensif akan banyak menolong posting atau blog mencapai peringkat yang baik di Google SERP. Daripada kita berusaha mencapai 10 besar di Google hanya dengan 'mengakali' algoritma Google, lebih baik kita membuat konten yang kita kuasai. Ini merupakan faktor utama cara mengatasi Google Panda.

Adjustment SEO blog diatas berhasil menaikkan peringkat blog seo ini di SERP Google.

Anda juga bisa membaca penjelasan resmi dari tim Google.

15 komentar:

  1. Terima kasih. Semoga artikel tentang Google Panda ini ada manfaatnya.

    BalasHapus
  2. bahaya juga google panda ini ya gan, apalagi klo tidak spendapat seperti agan td.:D

    BalasHapus
  3. wah,bermanfaat juga neh artikel.buat masa depan blog yang cerah :)

    BalasHapus
  4. Hehehe bisa aja. Yang penting adalah kita membuat konten dari pemikiran kita sendiri meskipun kita mendapatkan inspirasi dan referensinya dari beberapa sumber agar Google Panda bisa melihat bahwa konten tersebut high-quality.

    BalasHapus
  5. saya kira kita tidak perlu khawatir dengan adanya google panda, bagaimanapun juga google panda sangat bermanfaat buat kita untuk lebih kreatif dan serius dalam menekuni dunia blogging ini.saya kira kita tidak perlu khawatir dengan adanya google panda, bagaimanapun juga google panda sangat bermanfaat buat kita untuk lebih kreatif dan serius dalam menekuni dunia blogging ini.

    BalasHapus
  6. ane tu masih bingung dengan membuat artikel berkualitas, gmana caranya ya? bingung

    BalasHapus
  7. Mwmbuat konten yang berkualitas intinya adalah hasil pemikiran kita sendiri, meskipun diinspirasi dari berbagai sumber, yang dituangkan ke dalam tulisan dan dipublish di blog.

    BalasHapus
  8. wahhh, makasih telah menyadarkan saya mas.......google panda memang di buat supaya semua hasil SERP berkualitas bagi pengunjung. ayo tinggalkan copypaste teman teman hehehe....tapi kalau copyluwak atau copykapalapi bolehhh

    BalasHapus
  9. Kita mendapatkan inspirasi dari berbagai sumber tidak jadi masalah tetapi konten harus berasal pemikiran kita sendiri dari pemahaman dan ilmu yang sudah kita pelajari, dengan begitu konten kita menjadi unik. Kalau saya suka copy tubruk :D

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah mas, saat ini saya sudah coba memulai membuat konten yang berkualitas seperti yang mas sarankan.

    Walaupun memang terinspirasi dari orang lain tapi konten yang saya buat sebisa mungkin hasil pemikiran saya sendiri.

    Struktur kalimat juga saya usahakan baik dan terstruktur.

    Saya yakin pengunjung juga akan memberikan penilaian yang baik terhadap blog kita jika konten yang kita buat itu berkualitas, apalagi Google bukan?

    Trims infonya mas.

    BalasHapus
  11. Maju terus Sal. Target keyword di SERP Google apa? ranking makin bagus nggak?

    BalasHapus
  12. Seingat saya dulu saya pernah berkunjung ke blog dasar seo ini untuk mencri jawaban tentang algoritma google panda yang membuat blog saya turun traffic hingga hampir seratus persen dan alexa hingga mencapai 6 jutaan. satu hal yang mengagetkan dua hari yang lalu saya iseng mengecek statistik blog (padahal setelah kena saya sudah hide dan tidak terfikirkan) eh malahan sekarang dapet site link dari google dan traffic agaknya udah mau membaik. tapi alexa belum keliahatan turun tangga ( mungkin karena traffic baru balik dua hari yang lalu. ) Thank ya artikelnya. saya juga udah catat beberapa langkahnya di blog. sekali lagi terimaksih.

    BalasHapus
  13. Terima kasih kembali Fatan sudah berkunjung ke Blog SEO ini dan Alhamdulillah jika posting saya ada manfaatnya.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.