Sabtu, 14 Mei 2011

Cara Meningkatkan Alexa Traffic Ranking

Alexa Traffic Rank Logo
Alexa Logo
Alexa Traffic Ranking seperti yang saya utarakan sebelumnya memiliki informasi penting mengenai blog atau situs kita. Meningkat dan menurunnya traffic ranking dari Alexa bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan kualitas blog atau situs kita.

Berikut adalah cara meningkatkan traffic ranking Alexa dengan pendekatan SEO khususnya SEO Google:


Membuat Banyak Content yang Berkualitas dan SEO Friendly
Tambahan halaman dari sebuah blog atau situs mempunyai efek yang sangat besar akan peningkatan traffic rank Alexa. Banyak blog atau situs yang mempunyai auto-generated content yang memiliki peringkat bagus di Alexa Traffic Ranking disebabkan karena memiliki jumlah ribuan bahkan ratusan ribu halaman yang menyebabkan jumlah trafficnya juga tinggi.Untuk pendekatan SEO, saya tidak menyarankan cara auto-generated-content ini karena cepat atau lambat efek Google Panda akan mempengaruhi hasil di Google, dan juga cara ini menurunkan branding blog atau situs anda. Kecuali auto-generated-content yang masih berhubungan dengan niche anda, seperti halaman-halaman tag dan gambar yang secara otomatis dihasilkan di Wordpress.

Efek content yang berkualitas dan SEO friendly di Alexa Traffic Rank akan baik karena disebabkan oleh rangking yang bagus dari content tersesebut di Google, sehingga traffic ke blog tersebut juga akan meningkat. Karena berkualitasnya blog, maka para pengunjung akan sangat mungkin untuk melakukan pageview yang banyak.

Sekali lagi, branding blog anda akan sangat bergantung pada kualitas contentnya.

Search Engine Optimization atau SEO di Level Blog
Seach Engine Optimization atau SEO Google untuk blog akan bergantung pada niche yang ditentukan. Blog akan mempunyai 'pintu-pintu' traffic dari hasil yang bagus di SERP Google berdasarkan niche tersebut. Jika SEO yang dilakukan sangat baik, traffic yang dihasilkan dari hasil pencarian Google juga akan baik.

Jadi SEO pada level blog tidak hanya berpengaruh pada hasil Google SEO di level posting tetapi mengoptimalkan keyword density dari blog juga dapat menghasilkan banyak keuntungan.

Efek dari SEO di Alexa Ranking adalah tingginya nilai di Search yang bisa menyebabkan meningkatnya traffic dan kemudian meningkatkan Alexa Traffic Ranking.

Design dan Struktur Navigasi Blog atau Situs yang Baik
Ketika pengunjung tiba di halaman blog, maka pengunjung tersebut telah menghasilkan pageview yang pertama. Untuk pageview yang kedua dan seterusnya tergantung dari content pada pageview yang pertama, design dan struktur navigasi blog atau situs.

Jika pengunjung merasa terbantu setelah membaca content pada pageview yang pertama, pengunjung biasanya akan mencari posting lain yang menarik. Begitu juga dengan design, first impression is very important. Oleh karena itu design dan struktur blog yang menarik dan informatif mempunyai peluang besar agar pengunjung melihat halaman lain selain halaman pertama yang dikunjunginya.

Efek ini akan menyebabkan meningkatnya pageview per kunjungan atau Pageviews/User yang akan mengakibatkan traffic rank Alexa akan membaik.

Traffic yang Tinggi dari Promosi Blog atau Situs
Traffic tidak hanya dihasilkan dari search engine saja tetapi juga dihasilkan dari berbagai sumber traffic di internet, seperti iklan, social media, directory listing dan lain-lain.

Oleh karena itu, berpromosi yang baik akan menghasilkan traffic yang tinggi yang dapat menaikkan Alexa Traffic Rank.

6 komentar:

  1. Jadi semua trik nya udah di bahas semuanya di sini ya Om ?? saya lagi mau meningkatkan juga ranking di alexa.. Masih jauh banget ketinggalannya.... di coba dulu deh om... makasih om atas tutorial yang bermanfaat ini..

    BalasHapus
  2. Untuk Alexa rank belum semuanya karena ranking di Alexa sepertinya kombinasi antar CRO (Conversion Rate Optimization) & SEO. Kalau saya lebih mengutamakan banyaknya keyword di 10 besar SERP Google untuk blog SEO ini daripada Alexa rank. Untuk Alexa rank blog sampeyan sudah bagus, dibawah 200 ribu.

    BalasHapus
  3. thanxs infoxa sangat bermanfaat sekali....

    BalasHapus
  4. sy punya web blog, cuman udah lama gak diupdate, dan baru 2 minggu ini sy update. setelah sy liat alexa indicator di blog sy, tertulis no-data.

    apakah Alexa akan otomatis "off" terhadap blog yg lama gak diupdate??

    mohon pencerahannya,...thanks'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Iksan, saya cek sudah ada ranking-nya Pak. Alexa Ranking akan melihat jumlah trafik yang datang ke blog bersangkutan. Bisa jadi ranking-nya akan "off"jika tidak terupdate karena tidak ada trafik yang masuk ke blog tersebut. Tetapi sepertinya, jika masih ada trafik dan tidak pernah terupdate, palingng-paling blog tersebut turun Alexa ranking-nya saja.

      Hapus
  5. saya udah mencoba menggunakan alexa tetapi kok tidak menampilkan data no data, padahal saya udah claim site pada blog saya, mohon masukkannya dicek ya: Penjajailmu.blogspot.com

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.