Sabtu, 21 Mei 2011

Cara Berkomentar yang Baik di Blog Walking untuk Mendapatkan Backlink

Backlink yang berkualitas merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan SEO khususnya SEO Google agar blog dan halaman posting blog dapat mencapai hasil SERP Google yang baik. Salah satu cara yang umum dilakukan para blogger untuk mendapatkan backlink adalah dengan cara memberikan komentar yang baik di blog lain ketika melakukan blog walking.

Blog walking adalah kegiatan blogger mengunjungi blog lain dan melakukan interaksi dengan pemilik blog atau pembuat halaman posting dengan memberikan komentar. Biasanya, di setiap halaman posting blog terdapat bagian untuk berkomentar yang mempunyai kolom nama, alamat email, alamat URL blog atau website dan komentar.

Bagi saya, berkomentar yang baik di halaman blog agar kita bisa mendapatkan backlink dari hasil komentar kita itu adalah:

Cara Memberikan Komentar yang Baik dapat mendapatkan Backlink yang Berkualitas
Cara Memberikan Komentar yang Baik dapat mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Menghindari Komentar yang Tidak Berhubungan
Menurut saya, komentar yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan content dari halaman blog yang bersangkutan akan dianggap tidak berguna oleh pemilik blog. Banyak sekali plugin, terutama di Wordpress, yang dapat mengindentifikasi sebuah komentar itu jelek atau bukan hanya dengan mengidentifikasi nama si pengomentar, seperti jika nama si pengomentar berupa sebuah keyword dan banyaknya link yang ada di kolom komentar.

Identifikasi Siapa Anda
Masukkan identifikasi anda yang sesuai di semua kolom yang tersedia dengan diri anda sebenarnya. Keuntungan dengan cara ini adalah kredibilitas diri kita akan perlahan terbentuk dengan sendirinya di blog yang menurut kita berkualitas, sehingga jika dikemudian hari kita memberikan komentar lagi, si pemilik blog akan memiliki trust yang tinggi terhadap kita. Blog yang memiliki, bahkan sampai halaman postingnya, nilai Google PageRank yang tinggi biasanya memiliki content yang berkualitas pula dan si pemilik lebih mementingkan kualitas interaksi daripada banyaknya komentar yang ada.

Berkomentar yang Berhubungan dengan Content
Sama halnya seperti kita, para pemilik blog yang mempunyai nilai Google PageRank yang tinggi apalagi yang sesuai dengan niche blog kita, sebagian besar akan memoderasi komentar-komentar yang masuk ke blog mereka. Yang utama mereka akan cek adalah isi komentar yang ada. Jika komentar-komentar yang ada menurut mereka berkualitas yang sangat berhubungan dengan content halaman posting, kemungkinan komentar tersebut, meskipun nama si pengomentar merupakan keyword, akan di setujui. Dengan kata lain, komentar anda adalah kunci untuk mendapatkan backlink.

Menggunakan Keyword yang Sesuai Niche
Niche adalah tema blog kita. Jika kita memberikan komentar yang komprihensif dan sesuai dengan content di blog yang menggunakan plugin Keywordluv, dan jika kita ingin menambahkan keyword di kolom nama, maka gunakannlah keyword yang sesuai dengan niche dari blog kita. Jika anda memasukkan URL halaman posting anda di kolom halaman blog, maka berikanlah keyword yang sesuai dengan posting tersebut.

Target URL Blog atau Halaman Posting kita
Untuk kolom alamat URL atau blog, kita bisa memasukkan alamat URL blog atau spesifik URL halaman posting kita. Anda dapat memasukkan alamat URL blog anda jika anda ingin mendapatkan backlink untuk blog anda atau anda memasukkan URL posting anda jika anda ingin mendapatkan backlink untuk posting tersebut.

Sebut Nama si Pemilik Posting
Dengan menyebutkan nama si pemilik posting di komentar anda akan memberikan pendekatan lebih personal agar anda lebih mendapatkan response yang baik dari mereka.


Inti dari penjelasan diatas adalah berinteraksi yang sesuai dengan content tempat anda berkomentar adalah cara berkomentar yang baik di blog walking. Hal ini adalah salah satu cara link building strategy yang bisa menaikkan peringkat SERP Google untuk blog atau posting kita di ranking 1 Google.

8 komentar:

  1. Blog walking cukup ampuh dalam link Building termasuk dalam memposisikan blog kita di posisi SERP yg baik. hindari koment yg cenderung ngebet pasang link seperti pertamax, keduax, nice info dll

    BalasHapus
  2. Berkomentar di blog walking harus sebisa mungkin karena kita ingin berkomentar yang sesuai dengan subyek posting, jangan hanya untuk mendapatkan backlink. Backlink adalah bonus.

    BalasHapus
  3. Saya suka berkomentar di blog orang, sayangnya kadang juga mncul rasa sebel jika komentar dimoderasi. Hahah ...
    Komentar yang baik dan berkualitas juga menunjukkan kemampuan pengunjung. Bagi saya, komentar yang asal-asalan memang pantas untuk dihapus.
    Salam hangat ...

    BalasHapus
  4. Hahaha, Mas Abied bisa aja. Kalau saya harus memoderasi komentar hanya karena 2 hal, yaitu: komentarnya relevan dengan posting dengan anchor text yang dimasukkan menuju blog atau website yang 'aman' dan saya ingin berikteraksi untuk setiap komentar yang masuk. Kalau auto-approve, saya yang kerepotan :)

    BalasHapus
  5. Setuju banget tuh mas andri, komentar yang baek insyaallah juga akan mendapetkan tanggapan yg baek jga.
    bisa juga dijadikan ajang silaturrohim antar blogger.

    BalasHapus
  6. wah artikel yang sangat mantabbbbb. bisa buat belajar seo. thank

    BalasHapus
  7. terima kasih dengan informasinya yang sangat bermanfaat dan sangat bermutu sekali, salam kenal and visit me back (blogger bondowoso)

    BalasHapus
  8. Terimakasih infonya yang sangant bermanfaat .
    salam blogger

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.