Kamis, 19 Mei 2011

Blogger atau WordPress, Mana yang Lebih SEO Friendly?

Blogger atau Wordpress, mana yang lebih SEO friendly? Berikut adalah ulasan saya. Ulasan ini bisa berupa alasan, cara dan tips SEO dasar agar blog anda dapat lebih SEO friendly dengan platform yang sesuai:

Blogger
  1. Blogger mempunyai editor HTML yang dapat digunakan untuk merubah HTML code yang sesuai dengan adjustment SEO blog yang kita inginkan untuk SEO meta tag, coding untuk Search Engine Optimization gambar, coding untuk SEO judul, menambahkan navigasi breadcrumb dan lain-lain. Intinya, Blogger bisa kita customized.
  2. Karena Blogger dimiliki oleh Google, maka membuat blog kita terintegrasi dengan layanan Google yang lain, seperti Google Analytics, Google Webmaster Tools dan Google AdSense jadi lebih mudah.
  3. Kecepatan akses blog kita akan lebih cepat relatif terhadap Google.
  4. Kecepatan melakukan crawl dan index dari Googlebot semakin lebih cepat, sehingga ketika kita mempublikasikan posting baru, posting tersebut akan lebih cepat terindex oleh Google.
  5. Blogger baik untuk yang ingin belajar SEO dasar dengan cara mengutak-atik HTML dan CSS codenya, sehingga ketika kita melakukan adjustment SEO di platform yang lain, kita akan jauh lebih mudah mengerti dari setiap konfigurasi Search Engine Optimization yang ada atau yang akan kita lakukan.

Wordpress
  1. Wordpress terintegrasi dengan Gzip yang dapat memperkecil ukuran blog sehingga dapat mempercepat akses blog.
  2. Rata-rata template Wordpress memiliki struktur navigasi yang lebih baik.
  3. Rata-rata template Wordpress dapat membuat 'turunan' halaman dari halaman posting utama yang kita publikasikan. Sehingga sekali kita membuat sebuah halaman posting, kita bisa mendapatkan lebih dari satu halaman posting. Hal ini mengakibatkan banyaknya internal link yang terbentuk dari sebuah posting dari halaman posting blog yang lain.
  4. Wordpress mempunyai komunitas yang mendunia. Sekali kita mempublikasi sebuah halaman posting, posting tersebut akan terregister di komunitasnya sehingga traffic akan meningkat dan mendapatkan backlink yang bagus.
  5. Hampir semua konfigurasi SEO on page dapat dilakukan dengan sangat mudah di Wordpress, seperti SEO untuk judul, SEO untuk URL, SEO untuk link dan SEO untuk gambar.
  6. Banyaknya SEO plugin yang tersedia yang mempermudah pengguna untuk konfigurasi Search Engine Optimization dengan cara lebih cepat dan instan.
  7. Banyaknya template Wordpress yang SEO friendly, anda dapat mengetahuinya jika anda sudah mengerti SEO dasar
Saya bisa memutuskan mana yang jauh lebih SEO friendly, Blogger atau Wordpress tetapi saya tidak mau menyebutkannya. Cara melakukan SEO WordPress dan SEO Blogspot memiliki prinsip yang sama hanya caranya yang sedikit berbeda karena karakteristik masing-masing yang juga agak berbeda.

Intinya, Blogger adalah tempat belajar yang baik untuk yang mau belajar SEO atau Teknik SEO atau SEO Google sehingga anda dapat menjadi pakar SEO yang lebih handal. Sedangkan Wordpress adalah tempat yang baik untuk menjadi blogger yang handal.

Silahkan anda menentukan sendiri dan semoga blog anda menjadi ranking 1 di Google :)

12 komentar:

  1. aku masih setia ama blogger, kalau wordpress pusing. mantap deh postingnya

    BalasHapus
  2. Anshari, terima kasih sudah berkunjung ke Blog SEO untuk Indonesia ini, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. kalau kita menggunakan wordpress banyak akan plugin baik itu free atau bayar harus pintar2 milih2 plugin (jika di hostingkan) tapi benar juga jika untuk pemula bisa menggunakan blogger :)

    BalasHapus
  4. Fazza, menurut saya ada 2 Search Engine Optimization untuk WordPress yang ok banget, SEO All-In-One dan SEO ALRP hasil anak Negeri ini (saya lupa namanya). Dua-duanya free, pakai itu saja sudah cukup untuk SEO Google. Untuk Blogger/Blogspot, kalau bisa HTML dan script, sebetulnya bisa sangat membantu.

    BalasHapus
  5. kalau pendapat saya gan.blog mnggunakan :

    wordpress.com : bagus jg seonya.hebatnya blog ini tnp prlu mnyisipkan outbound link dan inbound link setiap artikel.dan tnpa H1,H2,H3,.ini slh satu contoh dr blog ane gan "download windows 8" (tnpa kutip).blog ane fjr1.wordpress.com.ini terbukti wordpress.com ngga ribet.krna udh bnr2 seo friendly.slh satu contohnya mnggunakan strong bukan bold.krna strong lbh seo friendly.umur blog br 4bulan visitor udh 500+/day.

    wordpress.org/wordpress self hosted : wah ini yg plng ane demen.apa lg plugin2 nya bgus2.pkoknya mntab dah klo wordpress yg ini.

    blogspot : wah ini yg ane ga bisa.diotak-atik smpe ancur seo w ttp payah.visitor cm 30/day.kdg ga smpe 30.cm bidik keyword aja gan "blogger modern" tnpa kutip.n "ipad gratis" tnp kutip.url blog http://ceritakan-ceritamu.blogspot.com.

    aduh cpek jg ya ngetik segitu bnyknya.btw,tks infonya gan :-)

    BalasHapus
  6. Kebanyakan theme WordPress memiliki internal link antar posting yang bagus, jadi memilih theme WordPress juga harus mengutamakan yang SEO friendly. Salah satunya link antar halaman yang anchor text-nya menggunakan judul halaman. Kalau blogging untuk mendatangkan banyak traffic, pilih WordPress karena Wordpress juga punya komunitas yang luas.

    Terima kasih juga atas kunjungannya ke Blog SEO Google ini.

    BalasHapus
  7. Blog nya bagus, mas. Info nya menarik sekali terutama buat sy yg baru ngeblog. Entahlah, dari awal sy lebih dulu kenal WP, makanya sampe sekarang pun blog sy make WP. Tp ada keinginan buat nyoba Blogger, mungkin lain waktu. Oya, kalau sempat mohon berkunjung ke blog saya. Kira-kira apakah yg kurang dari blog sy supaya blog sy ramai? Trims

    BalasHapus
  8. Faisal, menulis saja dulu apa yang Faisal ingin berbagi. Usahakan dengan niche yang terfokus, maksudnya jika ingin menulis Ubuntu, Games, dll. Jika posting Faisal sudah sekitar 50 posting, baru buat anchor link antar halaman. Baca juga Label 'SEO untuk WordPress' di blog SEO ini ya karena disana ada rahasia dari WordPress yang bagus, kalau ada pertanyaan, email saya saja.

    BalasHapus
  9. membaca postingan ini saya jadi bingung mau memakai platform yang mana nih untuk blog baru saya.
    over all, terima kasih buat pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak mau repot untuk setting blog, pilih saja WordPress. Kalau mau belajar html, CSS pilih Blogger/Blogspot.

      Hapus
  10. masih bingung..kira2 menurut pendapat mas aja...he ehehe jangan ragu,berarti sekli buat saya yang mau buka toko online mas....di tunggu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk toko online, saran saya pakai Prestashop yang terbaru karena beberpa parameter SEO sudah terintegrasi. Harap diingat juga, Prestashop perlu hosting yang baik.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.