Sabtu, 14 Mei 2011

Alexa Traffic Ranking, Pentingkah?

Alexa Traffic Ranking Website
Alexa.com Logo
Alexa Traffic Ranking adalah ranking secara global maupun lokal dari traffic blog atau situs kita yang dikalkulasi dan dibuatkan ranking oleh Alexa.com, dimana perhitungan rankingnya diambil dari rasio rata-rata pengunjung situs tersebut per hari dengan jumlah pageview dari traffic tersebut. Ranking traffic ini berisikan data traffic selama 1 dan 3 bulan, untuk situs-situs yang memiliki ranking dibawah 100.000 akan memiliki juga ranking traffic selama 7 hari.

Ranking traffic Alexa ini adalah traffic ranking secara global dan dapat juga bersifat lokal jika mayoritas pengunjung blog atau situs kita berasal dari Indonesia atau negara lain. Ranking traffic Alexa ini dapat memberikan kita overview mengenai informasi traffic ke blog atau situs kita dan menjadikannya sebagai referensi untuk mengembangan situs kita.

Alexa Traffic Ranking Blog ini
Alexa Traffic Ranking Blog ini per 14 Mei 2011

Informasi-informasi apa saja yang PENTING menurut saya? berikut adalah penjelasannya:

Traffic Rank
Bagi saya, informasi Traffic Rank ini agak penting karena informasi ini adalah overview secara keseluruhan dari perhitungan parameter-parameter yang menjadi acuan Alexa.

Menurunnya angka Traffic Rank ini menunjukkan ranking situs kita semakin membaik dan sebaliknya jika angka ini menaik, maka ranking situs kita menurun. Jadi bagi saya bukan suatu target menaikkan ranking di Alexa tetapi dari informasi Traffic Rank ini, saya bisa mengetahui bahwa pengunjung blog saya bertambah banyak dan bisa lebih 'betah' berlama-lama di blog saya jika ranking trafficnya meningkat. Kenapa saya beranggapan seperti itu? karena seperti yang saya jelaskan diatas Alexa menghitung rasio jumlah pengunjung harian dengan jumlah Pageviewnya.

Reach
Informasi ini tidak terlalu penting untuk saya karena hanya sebagai gambaran persentase jumlah pengunjung blog dari total traffic internet secara global.

Pageviews
Informasi ini juga tidak terlalu penting untuk saya karena hanya sebagai gambaran prosentase jumlah  pageview yang blog saya dapatkan dari total pageview internet secara global.

Pageviews/User
Nah ini yang penting. Informasi Pageviews/User menjadi penting karena kita bisa mendapatkan gambaran 'kualitas' blog kita. Seberapa 'kuat' struktur dan menariknya content blog kita akan menyebabkan para pengunjung melakukan browse lebih banyak dalam sekali kunjungan.

Informasi ini adalah rata-rata satu pengunjung melakukan berapa kali pageview atau kunjungan ke posting lain di blog kita dalam sekali kunjungan. Semakin tinggi angka ini, semakin baik blog kita karena pengunjung tertarik untuk melakukan browsing lebih jauh ke blog kita.

Bounce
Data ini juga penting karena semakin tinggi angka bounce, bagi saya, menandakan pengunjung blog saya tidak tertarik terlalu jauh untuk browse blog saya, atau dengan kata lain, semakin tinggi angka ini maka pengunjung saya hanya tertarik berkunjung di halaman tempat bertama kali pengunjung itu 'tiba' atau 'single pageview'.

Data ini berguna bagi kita untuk membuat struktur halaman blog atau situs yang lebih menarik bagi pengunjung blog agar 'mau' mengunjungi halaman-halaman lain blog. Content yang berkualitas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mengunjungi halaman-halaman lain.

Time on site
Data ini menunjukkan rata-rata lamanya kunjungan per setiap kunjungan. Biasanya informasi ini berhubungan dengan Pageviews/User dan Bounce.

Search 
Dari bagian ini, kita dapat mengetahui besarnya persentase traffic ke blog kita yang berasal dari search engine, seperti Google. Traffic bisa saja berasal dari sumber-sumber traffic lain seperti, social media, directory dan iklan.

Informasi yang berhubungan dengan data ini adalah Search Analytics, yang bisa kita gunakan sebagai referensi untuk melakukan adjustment SEO di blog kita.


Data-data seperti dari Alexa traffic ranking ini bisa juga didapatkan dari Google Analytics dan saya melakukan komparasi dari dari Alexa traffic rank dan Google Analytics dan hasilnya hampir sama. Tetapi kelebihan data dari Alexa traffic rank adalah kita bisa mengetahui posisi blog kita dibandingkan dengan 'pesaing' yang mempunyai niche yang sama, sehingga kita bisa melakukan adjustment pada blog kita, seperti melakukan adjustment SEO atau membuat content yang lebih berkualitas.

7 komentar:

  1. disini malah lengkap bahasannya, ya buat saya alexa memang bermanfaat setidaknya untuk memantau ketertatikan pengunjung dengan blog kita. Dengan beberapa acuan itu kita bisa memikirkan apa kira-kira yang harus di improv pada blog kita.
    Met menjelang siang...

    BalasHapus
  2. Setelah baca posting sampeyan, saya jadi terispirasi nulis Alexa Traffic Rank ini. Thanks.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya.

    BalasHapus
  4. Semoga posting Alexa Traffic Rank ini berguna. Terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  5. Wah mantab nih infonya...
    Alexarank bguna untuk web/blog bisnis

    BalasHapus
  6. Terima kasih info nya mas . Mantap nih .

    BalasHapus
  7. bagaimana mengatasi alexa yang menampilkan NO DATA...padahal saya udah claim site...mohon masukannya :)

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.