Minggu, 03 April 2011

SEO On Page | Apa itu Teknik On Page SEO?

Apa itu Teknik On Page SEO? Seperti telah saya tulis di posting 'Apa itu SEO?' di blog SEO untuk Indonesia ini, SEO On Page adalah bagian dari teknik SEO Google yang lebih memfokuskan kegiatan teknik  SEO pada blog/website atau halaman-halaman blog/website itu sendiri.

Bagi saya, melakukan teknik SEO On Page dimulai sebelum membuat blog atau website, dari membuat tema dari website atau blog yang akan dibuat tetapi jika anda sudah membuat blog atau website maka beberapa langkah pertama dibawah ini bisa diteruskan ke langkah berikutnya.

Langkah-langkah teknik On Page SEO untuk Website atau Blog dibawah adalah bagian-bagian dari SEO On Page itu sendiri:
  1. Memilih nama domain yang sesuai dengan tema anda, sehingga domain website atau blog anda memiliki keyword utama yang anda inginkan untuk hasil pencarian Google di SERP Google.
  2. Memilih template website atau blog yang tidak terlalu besar ukurannya. Besarnya ukuran halaman web atau blog (termasuk halaman utama) sangat berpengaruh kepada kecepatan akses website atau blog. Ini akan berpengaruh pada hasil SEO di SERP Google.
  3. Pastikan template website atau blog anda mempunyai struktur Heading Tag H1 sampai H6, Ini bagian dari SEO Dasar Google.
  4. Pastikan template website atau blog anda memiliki struktur URL yang SEO friendly.
  5. Pastikan template website atau blog anda memiliki sistim navigasi dan sitemap yang baik, sehingga pengunjung maupun Googlebot dapat dengan mudah merayapi situs anda.
  6. Pastikan template website atau blog anda comply dengan aturan W3.
  7. Memilih web hosting yang memiliki kecepatan akses ke blog atau website yang baik. Karena server Googlebot yang melakukan crawl dan index berada di kantor pusat Google di Mountain View, USA,  maka memilih web hosting di USA sangat disarankan.
  8. Memilih judul blog atau judul website yang memiliki keyword utama seperti pada pemilihan domain diatas.
  9. Usahakan anda memiliki outbound link (link keluar) dibawah 100 link. 
  10.  Mengaktifkan tempat pengunjung untuk berkomentar karena ada sebagian anggapan dari para pakar SEO bahwa banyaknya komentar merupakan salah satu algoritma Google untuk pencarian.
 Teknik SEO On Page pada bagian posting atau halaman website atau blog seperti berikut:
  1. INGAT, content merupakan hal yang paling penting untuk on page SEO. Berkualitasnya content akan mempermudah anda melakukan SEO on page.
  2. Memilih judul posting yang memiliki keyword yang relevan dengan content halamannya.Menggunakan manfaat Google Keyword Tool penting untuk melihat keyword yang populer di Google dan yang sesuai dengan topik yang akan ditulis.
  3. Content atau isi halaman adalah SEO On Page yang berpengaruh sangat dominan untuk SEO Google. Buatlah halaman yang berisikan content unik, fresh dan berkualitas.
  4. Jika anda menggunakan gambar, tambahkan atribut ALT dan TITLE pada code HTML-nya.Ini untuk memudahkan Googlebot melakukan index gambar anda dan sekaligus menambahkan keyword halaman anda.
  5. Buatlah internal link dengan anchor text yang menghubungkan antar halaman website atau blog anda yang relevan satu sama lain (internal link). Jangan lupa juga untuk menambahkan atribut TITLE pada code HTML anchor text anda.Usahakan membuat hanya 1 anchor text untuk link-link yang sama.
  6. Memasukkan keyword-keyword utama kedalam content, setelah anda membuat content, sangat disarankan untuk menaikkan keyword density halaman website anda. Tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menambahhkan keyword-keyword tersebut.
Selain On Page SEO anda juga perlu mengetahui tentang teknik Off Page SEO. Teknik SEO Dasar Google ini berguna sebagai referensi untuk belajar SEO dan cara membuat blog.

Cara teknik SEO Google ini juga merupakan dasar untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO WordPress.

    3 komentar:

    1. artikel is very nice bagus ubtuk menjadi rujukan.thanks gan.bisa dijelaskan maksud dari langkah no.6(Pastikan template website atau blog anda comply dengan aturan W3.)

      BalasHapus
    2. artikel yang bermanfaat, serasa baca rangkuman daari forum, padat jelas
      seo di jaman google panda sekarang ga jauh2 dari artikel berkualitas, Content is a KING, :)

      BalasHapus
    3. artikelnya keren mas. sangat bermanfaaat dan mudah di mengerti.

      BalasHapus

    Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.