Jumat, 22 April 2011

Pakar SEO Indonesia - Review

Pakar SEO Indonesia - Review. Saya tertarik dengan banyaknya Pakar SEO di Indonesia yang tidak hanya memberikan jasa layanan teknik SEO bagi komunitas Internet di Indonesia tetapi juga berbagi teknik ilmu SEO mereka. Sesuatu yang menggembirakan hati mengetahui bahwa salah satu bisnis internet marketing ini perlahan berkembang dengan pasti.

Para pakar SEO Indonesia tersebut ada yang berbagi teknik-dan trik dari hanya teknik SEO white hat, ke teknik SEO gray hat dan bahkan dengan teknik SEO black hat.

Para Pakar SEO Indonesia tersebut ada yang high profile dan ada yang low profile, ada yang purely hanya ber-blogging ria dan ada juga yang sudah memulai berbisnis.

Apapun cara SEO atau tips SEO mereka, bagi saya, ilmu-ilmu SEO mereka adalah referensi yang berguna dan bermanfaat bagi pengetahuan saya tentang SEO.

Tetapi, berkembangnya ilmu SEO ini belum dibarengi dengan promosi yang cukup mengenai pentingnya ilmu ini. Banyak website yang berkualitas hasil karya anak Negeri ini yang seperti harta karun, yang belum berhasil mendapatkan posisi/index terbaik di SERP Google terutama di Google Indonesia.

Insya Allah, perlahan branding untuk teknik SEO di Indonesia akan terus maju seiring dengan majunya bisnis Internet Marketing di Indonesia dan para pakar SEO Indonesia dapat memberikan dan membuka lapangan pekerjaan bagi anak-anak Negeri ini.

Ilmu SEO dari para Pakar SEO Indonesia yang berupa cara, tips bahkan trik teknik SEO bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pemula yang sedang belajar SEO, internet marketing, bisnis online maupun yang sedang belajar membuat blog.

Bagaimana cara mengetahui pakar seo di Indonesia yang memang ilmunya handal?

  1. Memiliki website dan blog yang mempunyai banyak ranking 1 di Google dengan keyword-keyword SEO, Blog SEO, SEO Indonesia dan sejenisnya. Jangan terpaku dengan Google PageRank  website atau blognya, itu hanya sebagian dari ilmu SEO. Yang penting adalah banyaknya keyword kunci di Google yang berhasil "ditaklukan" oleh Pakar SEO Indonesia ini.
  2. Mempunyai konten berkualitas dan rata-rata tiap postingnya mempunyai banyak komentar yang membangun. Website atau blognya tidak memiliki auto-generated-content selain halaman-halaman tag dan category.
  3. Mempunyai banyak backlink yang berasal dari backlink yang natural, seperti backlink yang ditambahkan di blog atau website lain oleh si pemilik website atau blog bersangkutan. Backlink dari blog commenting juga bisa menjadi referensi, ini menandakan Pakar SEO Indonesia ini berinteraksi dengan blogger lain.
  4. Tidak memiliki banyak sekali backlink yang 'disengaja dicari'.
  5. Bersedia menjawab berbagai pertanyaan dari pengunjung website atau blognya dengan jelas dan gamblang. Ini menandakan memang ilmu pakar SEO tersebut mumpuni. Hal ini bisa dilihat dari jawaban komentar yang berada di tiap posting atau forum.
  6. Banyak 'dibicarakan' di internet. Bisa disearch namanya di Google, jika berhasil ditemukan, masuklah ke link-link tersebut dan baca referensinya.
  7. Hati anda akan tahu dengan sendiri mana yang "the real" Pakar SEO Indonesia atau bukan :)
Saya sudah mempunyai beberapa referensi Pakar SEO Indonesia sesungguhnya tetapi anda bisa mencoba mencarinya sendiri. Jika penasaran, anda bisa bertanya ke saya, Insya Allah saya akan beri tahu. :)

Saya sudah melihat potensi beberapa calon pakar SEO di Indonesia di beberapa blog mereka dan hasilnya di SERP Google Indonesia. Kebanyakan dari mereka belajar SEO Google secara otodidak dari internet tetapi masih banyak yang memakai teknik-teknik SEO untuk Google yang 'agak' grey hat.

Potensi jasa layanan SEO yang berkembang dan saya yakin dalam 5 tahun kedepan akan jauh berkembang di Indonesia. Saat ini banyak pelatihan SEO yang diadakan oleh pakar-pakar SEO Indonesia bahkan ada training internet marketing dengan tambahan training SEO didalam kurikulumnya. Ada juga training SEO dengan trainer SEO dari mancanegara tetapi training yang diadakan pakar-pakar SEO Indonesia tidak kalah kualitasnya karena keahlian pakar-pakar SEO Indonesia juga mumpuni.

Jika saya perhatikan disekeliling saya, antar teman, banyak yang sudah mempunyai bisnis online memerlukan jasa internet marketing dan Google SEO pada khususnya. Mereka sudah melihat betapa pentingnya ilmu Google SEO ini untuk marketing produk-produk mereka. Jadi, bagi yang tertarik dengan ilmu Google SEO, mulailah belajar SEO dari pakar-pakar SEO Indonesia karena ilmu ini akan sangat berguna nantinya bagi para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet.

Saya membuat posting ini selain untuk menulis review mengenai Pakar SEO di Indonesia, juga untuk melakukan beberapa research SEO untuk keyword yang berhubungan dengan Pakar SEO Indonesia.

Karena blog seo untuk Indonesia saya ini khusus membahas dasar SEO Google atau Google SEO, maka saya mencoba melakukan SEO dengan keyword-keyword yang aghttp://www.dasar-seo.comak umum tetapi masih berhubungan dengan blog ini. Saya ingin melihat jika relevansi keyword dan isi konten blog ini memang akan sangat berpengaruh terhadap hasil SERP Google.

16 komentar:

  1. Salam mas'
    Saya Admin dari situs web desain grafis & web
    ingin memasarkan situs web saya,
    namun ilmu saya dalam hal SEO masih rendah,
    dan masih takut terkena istilah google sandbox itu,
    dan yg terpentik itu untuk menaikkan pengunjung apakah link exchange itu berbahaya ?




    Salam Sukses

    tommy@add87design.com

    BalasHapus
  2. Hai Tommy, jangan terlalu khawatir dgn Google sandbox. Kalau website Tommy 'lurus-lurus' saja, tidak ada masalah. Saya sudah ke website Tommy, saran saya:
    1. Pilih bahasa utama, apakah Indonesia atau Inggris. Kalau mau pakai Indonesia dan Inggris, buat site utk masing-masing bahasa.
    2. Buat internal link yang menghubungkan satu halaman ke halaman yang lain. Bisa dengan membuat navigasi yang baik.
    3. Pakai judul tiap-tiap site yang agak panjang & hilangkan judul website di judul posting.
    4. Untuk Backlink (salah satunya link exchange), coba mencari backlink yang mempunyai niche (tema website) yang sama atau website-website yang mempunyai reputasi yang baik.
    5. Masih banyak yang harus diadjust, coba baca panduan dasar seo dari Google deh, saya yakin akan sangat membantu atau bisa browse blog seo saya ini supaya lebih jelas.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. thanks sharingnya...msh hrs trs bljr seo nih...palagi utk yg high kompetition...sering patah semangat klo ga enjoy...

    BalasHapus
  4. Arief, saya sudah berkunjung ke website anda. Kalau sudah punya usaha Jasa SEO, sepertinya saya yang harus banyak belajar dari anda nih :) Biasanya, para pakar SEO Indonesia akan melakukan competitor analysis untuk keyword yang mempunyai high-competition. Salam kenal.

    BalasHapus
  5. Saya melihat para master seo indonesia sangat berkualitas khususnya yang menang tender seo di kancah internasional, ini mebuktikan master seo indonesia tidak jauh sama pakar seo asing

    BalasHapus
  6. Saya setuju jika ilmu SEO sudah baik di Indonesia hanya saja belum dimanfaatkan oleh pelaku usaha besar di Indonesia untuk mempromosikan produk-produk kita ke luar negeri.

    BalasHapus
  7. sedangkan saya masih dalam tahap pembelajaran,,

    BalasHapus
  8. Sepertinya saya makin tertarik kak untuk mempelajari tehnik-tehnik SEO..
    Makasih kak infonya,,salam kena;

    BalasHapus
  9. pakar seo sejati tidak pernah mengploklamirkan dirinya sebagai seorang pakar seo, biarkan orang lain yang menilai!

    beda halnya dengan konsultan seo,mereka cendrung mempromosikan diri sebagai seorang yang ahli di bidang seo!

    artikel yang menarik sob.

    BalasHapus
  10. @tabloid Blogger: Salam kenal juga, semoga jadi Pakar SEO Indonesia.

    @Cara optimasi: Setuju, kita bisa menilai sendiri ke-pakar-an seseorang dari kualitas pekerjaan yang dilakukan.

    BalasHapus
  11. Salam Kenal mas.. akhirnya singgah di webnya pakar SEO jg. setelah baca artikel dan membaca comment para pakar di atas hmmmm berdiri bulu roma ku mas. jd malu aku mau koment. tp mau g mau demi mendapatkan ilmu yg lbh berguna akhirnya aku beranikan diri comment di sini mas hehehe. tolong mas boleh ksh saya masukan yg berarti mas kiranya pendapat mas bgmn mengenai blog ku yg acak kadul itu. maklum namanya jg sorang pemula yg ingin belajar lebih baik hehehe. semestinya kira2 menurut mas apa yg mesti aku rubah dan aku perbaiki dari blogku itu. terima kasih dan salam kenal ya.

    BalasHapus
  12. Sebagai pemula saya jadikan blog ini rederensi dan rujukan teknik seo, para master indonesia memang luar biasa

    BalasHapus
  13. takjup sama blogger indonesia, ane yakin admin blog ini juga salah satu master nya. mantap

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Mas bolehkah memasang peta situs lebih dari satu di google webmaster tool

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh memasang lebih dari 1 sitemap di Google Webmaster Tools supaya semua halaman yang ada, khususnya untuk Wordpress seperti Tag & Category dapat diindex juga.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.