Senin, 04 April 2011

SEO Off Page | Apa itu Teknik Off Page SEO?

Apa itu Teknik Off Page SEO? Saya sudah menjelaskan secara umum tentang teknik Off Page SEO di halaman 'Apa itu SEO? dan dibawah ini adalah penjelasan tentang teknik Off Page SEO yang lebih rinci.

Teknik SEO Off Page adalah kegiatan teknik SEO Dasar Google yang dilakukan untuk menghubungkan website atau blog kita dengan website atau blog yang lain, atau semacam 'pergaulan' website. Teknik Off Page SEO ini tidak hanya berupa tautan atau link dari luar website kita tetapi juga traffic yang berasal dari kegiatan promosi website atau blog kita. Jadi, menurut saya, teknik Off Page SEO Google tidak hanya membangun backlink yang relevan saja tetapi juga harus bisa membangun traffic dari tautan-tautan tersebut.

Google sepertinya menyukai jika website atau blog kita memiliki 'komunitas' yang baik yang sesuai dengan tema dan content website atau blog tersebut. Google menyebutnya dengan relevansi. Jadi selama kita mendapatkan inbound link atau backlink yang relevan dengan website atau blog kita, maka website atau blog kita akan mendapatkan ranking lebih bagus di SERP Google. Sebagai contoh: Blog SEO mempunyai backlink dengan Blog SEO lain atau terdaftar di Directory khusus website-website SEO.

Jika outbound link dengan anchor text adalah proses On Page SEO, maka membuat inbound link atau backlink adalah sebagian proses teknik Off Page SEO.

Tips SEO untuk teknik Off Page SEO:
  1. Melakukan 'Blog Walking' ke blog-blog yang relevan dengan tema dan content blog anda dan memberikan komentar yang membangun di blog-blog yang anda kunjungi.
  2. Jika ada pengunjung blog anda memberikan komentar, kunjungi balik blog pengunjung tersebut dan beri juga komentar yang membangun.
  3. Daftarkan website atau blog anda ke DMOZ.org
  4. Buat internal link antar halaman website atau blog anda dengan anchor text yang sesuai dengan content halaman yang dituju.
  5. Promosikan website atau blog anda di Facebook, Twitter, Digg, Squidoo dan Delicious agar anda bisa mendapatkan traffic dan backlink tambahan meskipun sebagian dari situs-situs tersebut hanya menset nofollow untuk outbound link mereka.
  6. Berpromosi di situs-situs 'terpercaya', signature di email anda atau melalui media offline seperti kartu nama dan jangan lupa mencantumkan URL website atau blog anda.
Selain Off Page SEO anda juga perlu mengetahui tentang teknik On Page SEO. Teknik SEO Dasar Google ini berguna sebagai referensi untuk belajar SEO dan cara membuat blog.

Cara teknik SEO Google ini juga merupakan dasar untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO WordPress.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.