Sabtu, 30 April 2011

Dofollow Blog, Kenapa?

Dofollow Blog sudah menjadi sebuah usulan bagi sebagian blogger dunia dikarenakan beberapa hal.

Dofollow sebenarnya adalah lawan kata dari nofollow, dimana nofollow adalah berupa attribute rel yang ditambahkan pada HTML source code di sebuah anchor link yang ada pada sebuah posting blog yang bertujuan agar Google dengan Googlebot-nya tidak meneruskan crawl ke link tersebut. Sehingga dofollow adalah istilah jika Googlebot dapat meneruskan crawl-nya pada link-link yang memiliki attrribut rel yg default atau diset 'follow'.

Kenapa kita set blog kita sebagai Dofollow Blog?

Penghargaan untuk Pengunjung
Bagi mereka, alasan membuat Dofollow Blog salah satunya adalah sebagai penghargaan bagi para pengunjung blog mereka agar para pengunjung bisa mendapatkan sedikit manfaat berupa backlink. Pengunjung atau traffic merupakan sesuatu yang kita harapkan sebagai blogger dan para pengunjung blog kita harus mendapatkan sesuatu yang bisa menjadikan mereka berharga untuk blog kita. 

Interaksi Sosial
Berinteraksi dengan meninggalkan komentar akan membuat sebuah posting akan terasa lebih 'hidup'. Kontribusi para pemberi komentar memberikan semangat tersendiri bagi pemilik blog karena mendapatkan penghargaan akan artikel yang telah dibuatnya. Sanjungan, ide baru, saran bahkan kritik akan menjadikan pemilik blog untuk membuat sesuatu yang 'lebih', sehingga sebuah blog bisa mendapatkan pengunjung setia karena kualitas content-nya.

Algoritma Google untuk Komentar Blog
Ada kabar (yang perlu diklarifikasi) jika komentar-komentar di blog adalah satu dari sekian banyak algoritma Google untuk hasil pencariannya. Jika saya perhatikan dari sekian banyak posting dari beberapa blog yang mempunyai Google PageRank yang tinggi, posting tersebut memang rata-rata memiliki komentar yang cukup banyak. Jika ini benar, maka cara ini adalah sebagian dari Google SEO yang wajib diketahui.

Hal lain adalah komentar yang masuk dapat menambah keyword density di level blog yang secara perlahan dapat mempunyai efek yang bagus ke SEO dengan catatan komentar-komentar yang ada relevan dengan niche blog kita (itulah gunanya kita memoderasi dan menjawab komentar). Secara tidak langsung blog yang dofollow akan berpengaruh ke SEO karena para blogger senang untuk berkomentar di blog-blog dofollow untuk backlink blog atau website mereka

Bagaimana dengan Komentar yang tidak Relevan?
Jangan takut dengan komentar yang tidak relevan karena anda dapat menset untuk memoderasi semua komentar-komentar yang masuk ke blog anda. Anda dapat memutuskan komentar-komentar apa saja yang dapat masuk kedalam posting-posting blog anda.

Sebelumnya blog SEO ini adalah Dofollow tetapi karena ada perubahan dari Blogger/Blogspot, maka blog ini menjadi nofollow kembali. Komitmen saya untuk menjadikan blog SEO ini menjadi Dofollow adalah tetap dan akan berusaha untuk menjadikan blog ini menjadi dofollow.

21 komentar:

  1. sip gan! blog saya juga Dofollow tapi saya pasang link no otomatis klo ada spam!

    BalasHapus
  2. Sip, siap berkunjung ke blog anda. Dofollow memang akan menguntungkan untuk blog yang bersangkutan

    BalasHapus
  3. Salam kenal Bang Andri Yudistira, saya Yanto permana, saya blogger pemula, yang saya tahu untuk pemula baiknya pakai NoFollow Blog ... kalau boleh tahu kelebihan dan kekurangan keduanya (NoFollow dan DoFollow) apa? Makasih ya Bang Andi atas postingnya, Kalo Boleh kasih Masukan untuk Blog saya "motekar".

    BalasHapus
  4. Salam kenal juga Yanto. Dofollow sebagai umpan untuk traffic ke blog anda dari blogger yang mencari backlink dari berkomentar. Untuk SEO, bisa dari komentar-komentar tersebut menambah keyword density posting dan blog, apalagi jika anda juga memberikan feedback atas komentar-komentar tersebut dengan menambahkan keyword density yang relevan. Ada pendapat dari beberapa Pakar SEO bahwa banyaknya komentar atau interaksi di posting termasuk dalam 200 algoritma Google Search.

    Untuk blog Motekar, niche blog tersebut sangat variatif dan tidak fokus dan saya melihat keyword utama anda adalah Motekar bukan yang lain. Jadi melakukan SEO Google untuk blog tersebut lumayan agak sulit.

    Konten blog anda cukup baik, apalagi yang utk IT tetapi lebih baik anda membuat target keyword yang jelas terlebih dahulu, jika sudah, beritahu saya, nanti akan saya insya Allah bantu :)

    BalasHapus
  5. apa benar milik bapak termasuk nofollow.
    menurut saya anda termasuk suka nofollow.
    kelebihannya apa untuk web baru jika memakai nofollow.

    BalasHapus
  6. Blog saya ini saya set Dofollow untuk komentar dan 'Link to this Post'nya, bukan nofollow. Kalau alasan saya untuk set blog SEO saya ini menjadi dofollow bisa dilihat di posting ini. Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  7. Salam kenal mas Andri, saya blogger baru mau bertanya, berarti komentar di blog doffolow dapat menaikan page rank yah? berapa banyak link di blog dofollow yang diperhitungkan untuk menaikan pagerank blog kita ? thanx buat responnya.

    BalasHapus
  8. Salam kenal juga. Jawabannya sangat bisa dengan catatan posting tempat kita berkomentar kalau bisa yang mempunyai Google PageRank yang tinggi. Google tidak secara terbuka menjelaskan perhitungannya tetapi sepertinya banyaknya backlink dari blogwalking yang berasal dari posting-posting ber-PR tinggi akan membantu menaikkan PR blog kita.

    BalasHapus
  9. apa kerugian menjadi blog do foloow dan nofollow pastinya ada perbedan kan mas???

    BalasHapus
  10. Nofollow setting akan membuat Google tidak meneruskan crawl ke URL link tujuan. Hal ini membuat link-link memiliki nilai kurang dari dofollow. Oleh karena itu banyak blogger mencari blog-blog yang dofollow agar dapat mendapatkan backlink dari berkomentar. Sedangkan komentar-komentar bagi blog akan menambahkan nilai tersendiri dari Google.

    BalasHapus
  11. Setelah saya baca postingan diatas alhamdulillah 75% saya langsung mengerti. Sekalian mau tanya nih,Blog Dofollow itu ada kerugiannya gak? thx

    BalasHapus
  12. Kalau Blog Spam itu apa ya? Yang dikategorikan Blog Spam apa aja? Cara setting agar Blog bisa jadi Nofollow gimana?

    BalasHapus
  13. wahh do follow blog emang selalu di cari dan sebagian kecil menghargai blogger lain, tapi yang menjadi pertanyaan..:
    " kenapa sebagian blog yang dibuat mengecam keras dengan tidak boleh memasukkan url dalam komentar..?? dan komen blog diset sebagai nofollow dan blognya pun diset bo follow"..??
    ada apa sebenarnya dari kasus ini..??

    1.apakah takut di sandbox oleh google ( sehingga deindex ) dan menganggap algorithm google yang varu bersistem untuk tidak membuat blig yang dofollow.
    2.Hanya ikut2an.
    3.gak ingin visit balik kepada blogger.
    4. hanya menjadikan blog untuk pengunjung biasa saja..??

    :)
    terima kasih :P

    BalasHapus
  14. @Virezforever: Untuk kerugiannya, menurut saya ya, banyaknya external link yang melebihi saran dari Google (sebanyak 100 external link dlam 1 halaman web) yang bisa jadi berpengaruh ke SEO.

    @awan: Kalau saya perhatikan sih selain alasn diatas, pemilik blog takut menjadi korban spamming dari komentar-komentar yang masuk.

    BalasHapus
  15. @Nuno: definisi blog spam masih agak rancu, saya tidak bisa mendefinisikannya secara pas karena Google hanya bilang jangan memakai teknik Doorway.

    BalasHapus
  16. ikutan bekunjung juga kang....sekalian belajar xixixi

    BalasHapus
  17. terima kasih atas info ini, saya memang masih belum mengerti tentang per SEO an, hanya sekedar ikut2an saja... :)

    BalasHapus
  18. @firmware gratis, silahkan belajar dan terima kasih atas kunjungannya ya :)

    @Dunia persahabatan, seorang pakar kadang-kadang dimulai dari ikut-ikutan :)

    BalasHapus
  19. terimakasih buat informasinya,, mungkin saya hanyalah seorang pemula yang belum memilki basic kuat di bidang blog/website,, akan tetapi setiap saya berkunjung kesana kemari saya mendapat beberapa/sedikit masukan yang berarti bagi saya.. andai saja ada yang bisa mementor saya untuk lebih baik, itu akan sangat berarti bagi saya yang pemula ini. jangan lupa kunjungannya yah,,,, masukan dari agan sungguh sangat berarti buat saya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan begitu, toko online sampeyan sudah cukup bagus dari sisi trafik dan banyak response dari pengunjung. Belajar dari yang kecil akan menghasilkan sesuatu yang besar. Update saja konten toko online sampeyan secara konsisten.

      Hapus
  20. Belum berani pak kalau mau bikin dofollow.. takut kena target SPAM..

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.