Selasa, 29 Maret 2011

Link Building Strategy | Menjadikan Internal Link sebagai "Backlink"

Link Building Strategy Internal Link Sebagai Backlink. Pada panduan SEO Google dijelaskan mengenai internal link tetapi tidak secara gamblang menjelaskan backlink. Starter guide itu hanya menjelaskan cara mempromosikan website kita dengan cara yang bagus, dimana secara inplisit dijelaskan backlink yang sangat berkualitas adalah backlink dari Dmoz.org.

Kunci dari backlink adalah relevansi link tersebut dengan anchor text, harus sesuai dengan isi halaman blog yang dituju. Jika kita mempunyai blog SEO, maka backlink yang berkualitas adalah backlink dengan anchor text yang relevan dengan SEO juga.

Untuk blog SEO saya ini, saya tidak berusaha mencari backlink dari blog, website atau directory lain tetapi saya menggunakan internal link sebagai backlink saya. Kenapa? karena tema blog ini terfokus pada teknik SEO Google dan pembahasan masing-masing posting akan berhubungan satu sama lain.

Blog Search Engine Optimization ini mempunyai sedikit jumlah backlink dari blog atau website yang lain tetapi saya menggunakan internal link antar halaman blog sebagai 'backlink'. Jika digambarkan, internal link di blog ini seperti sarang laba-laba (web) yang saling berhubungan satu sama lain dan inilah yang disukai Google untuk crawl dan indexnya. Hal ini bisa mempercepat index Google and menaikkan PageRank.

Terbukti, dengan jumlah backlink dari external sangat sedikit dibandingkan backlink dari internal (internal link) tetapi SERP halaman-halaman blog ini terindex dengan baik di Google Indonesia sesuai dengan target yang ingin saya capai.

Anda bisa membuktikan sendiri di Google.co.id dengan keyword, 'SEO Dasar', 'Dasar SEO', 'SEO Dasar Google", 'SEO Judul', 'SEO Internal Link', 'SEO Gambar', 'Apa itu SERP', 'Melihat Index Blog', 'Blog Google SEO', 'Blog SEO Google'. Alhamdulillah, Blog Google Search Engine Optimization ini bisa bersaing di SERP Google dengan blog teman-teman blogger yang sudah expert.

Jadi, jika anda mempunyai banyak posting dengan content yang baik, tema dan isinya saling berhubungan, mulailah membuat link building strategy dengan menjadikan internal link sebagai backlink berkualitas anda. Search Engine Optimization link ini bisa dijadikan referensi dalam membuat blog anda.

3 komentar:

  1. Tips internal link memang ngga susah amat dan thank sharenya gan

    BalasHapus
  2. mungkin kalo pake wordpress gak usah mikirin internal link mas, sudah banyak plugin2 yang bisa melakukan secara otomatis....dari plugin smart link, ataupun seo alrp buatan indonesia yang lebih mantap :D

    BalasHapus
  3. Enaknya di WordPress memang kita dimanjakan oleh banyaknya SEO plugin. SEO ALRP-nya Mas Pur juga dasyat :D. Jangan lupa utilize categories, tag dan search di WordPress dan jangan takut duplicate content jika mengaktifkan ini. Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.