Senin, 21 Maret 2011

Kecepatan Akses ke Blog Berpengaruh pada SERP Google

Kecepatan Akses Blog atau Website berpengaruh kepada hasil SERP Google Google. Semenjak tahun lalu, Google menambahkan algoritma pencariannya dengan penambahan algoritma kecepatan akses ke blog atau ke website. Kecepatan akses yang dimaksud adalah seberapa cepat website yang bersangkutan merespon web request.

Beberapa faktor teknik SEO yang mempengaruhi kecepatan akses blog atau website untuk teknik SEO Google adalah:

Besarnya Tidaknya Ukuran Halaman Web.
Teknik SEO Dasar ini adalah untuk mengurangi ukuran halaman web. Besarnya ukuran halaman web dapat dilihat dengan meta tag analyzer dan ukuran halaman web ini kebanyakan dipengaruhi oleh multimedia yang kita tanamkan ke halaman web tersebut, seperti gambar, video, aplikasi, script bahkan widget. Pentingnya mengurangi multimedia dan widget di halaman web kita, sehingga ukuran halaman web kita dapat dikurangi tanpa mengurangi kualitasnya.

Setiap kali menambahkan multimedia atau widget ke dalam blog kita harus penuh pertimbangan. Saya terbiasa menambahkan widget kedalam widget yang sudah ada atau dengan kata lain menggabungkan semua widget kedalam satu frame. Terbukti penambahan ukuran halaman web hanya sedikit.

Hasil research saya, rata-rata halaman web yang menduduki posisi bagus di SERP Google memiliki ukuran halaman web yang kecil, sekitar kurang dari 25Kb.

Jika anda mengandalkan halaman muka (beranda) website anda sebagai entry-point traffic dari Google, usahakan anda membatasi posting yang ada disana. Untuk blog, anda dapat merubah banyaknya posting anda di halaman muka.

Memilih Web Hosting Provider yang Baik Kecepatannya untuk Google.
Teknik SEO Dasar untuk ini adalah mempercepat akses ke blog. Ketika Google melakukan crawl, server Google yang menjalankan program googlebot berasal dari Mountain View, USA (kantor pusatnya Google), jadi saya berasumsi server Google yang melakukan index juga ada disana. Jadi, untuk SEO Google, saya lebih memilih web hosting provider yang berlokasi di USA jika target visitor saya berasal dari www.google.com tetapi jika anda menargetkan visitor dari Indonesia, gunakanlah hosting di Indonesia karena algoritma Google akan melihat source IP hosting negara mana untuk hasil pencarian di websitenya untuk negara tertentu. Hasil research saya, untuk pencarian dengan Bahasa Indonesia, hasil SERP dari www.google.com akan berbeda dengan hasil www.google.co.id. Silahkan anda coba sendiri.

Memilih web hosting provider juga harus memperhatikan SLA-nya, seperti guaranteed uptime 99,9% yang artinya, server web hosting tersebut jarang sekali down atau 99,9% selalu online. Jangan sampai ketika googlebot melakukan crawl, server web hosting anda sedang off.

Teknik SEO Dasar Google ini berguna sebagai referensi untuk belajar SEO dan cara membuat blog. Cara teknik SEO Google ini juga merupakan dasar untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO WordPress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.