Rabu, 02 Maret 2011

SEO Case Study: SEO Dasar Google untuk 'http://dapurcorina.blogspot.com'

Ada seorang teman meminta saya untuk mencek blog online shop istrinya yang menjual berbagai macam kue dan berbagi resep kue, blog itu 'http://dapurcorina.blogspot.com' . Blog ini hanya mendapatkan traffic tinggi jika dilakukan promosi melalui Facebook dan sedikit sekali traffic dari Google.

Saya langsung mencek status index-nya di Google (hasil SERP-nya kurang baik, jauh diatas 200) dan agak 'masuk' melihat content blog tersebut. Blog ini memiliki content yang cukup baik dan beragam dengan fokus ke masalah kue. Kemudian, saya mencek struktur HTML-nya dengan Meta Tag Analyzer. Dari proses checking ini, saya menemukan beberapa hal yang harus disesuaikan dengan Seach Engine Optimization dasar Google:

  1. Blog ini memiliki Judul yang sangat panjang.
  2. Meta tag yang perlu ditata
  3. Link yang terlalu banyak.
  4. Keyword Density yang sangat minim.
Kemudian saya meminta ijin untuk melakukan beberapa langkah SEO Dasar Google kepada teman saya itu & beliau setuju. Kemudian saya melakukan beberapa langkah SEO Google / SEO Dasar sebagai berikut (meskipun masih banyak yang harus dilakukan lagi setelah ini):
  1. Memangkas Judul Blog tersebut.
  2. Menghapus Judul Blog di setiap Judul Posting. Seketika Google melakukan crawl dan index dan ketika dicek index-nya di Google, judul beberapa posting sudah tidak memiliki judul blog. Sehingga setiap posting memiliki judul yang sangat specific dan baik sekali untuk SEO karena relevansi antara judul dan content menjadi lebih baik.
  3. Menghilangkan Gadget 'Archive' dari Blog. Sekitar 66 link bisa dikurangi.
  4. Menghilangkan beberapa link di setting 'Posting Blog', seperti gadget untuk 'Show Share Buttons', 'Reactions' dan 'Show Quick Editing'. Lebih dari 30 link bisa dikurangi.
  5. Memilih salah satu artikel blog untuk ditambahkan Keyword Density dan internal link dengan anchor text  yang dituju.
Saya bilang ke teman saya itu, "biarkan sampai besok, menunggu Google selesai meng-crawl dan meng-index, dan kita lihat hasilnya."

Keesokan harinya, berikut adalah hasil dari SERP dari masing-masing keyword dan silahkan menilai sendiri ya :)

Saat ini, beberapa hasil SERP Google sudah semakin membaik karena pemilik blog tersebut sudah melakukan teknik-teknik SEO Google yang saya sarankan untuk setiap posting baru, sehingga kekuatan SEO Google untuk blog ini semakin membaik.

Pemilik blog ini belajar SEO dan menerapkannya dengan cukup baik meskipun belum semua ilmu SEO Google diadjust ke blog-nya.

Traffic yang dihasilkan dari penerapan SEO blog meningkat dengan cukup baik juga dan bisa dilihat hasilnya dibawah ini. SEO website yang dilakukan dimulai pada bulan Maret 2011:

Traffic dari Search Engine Sebelum SEO Google February 2011
Traffic  dari Search Engine Setengah Bulan setelah SEO Google Maret 2011

Traffic dari Search Engine Setelah SEO Google pada Mei 2011
Cara teknik SEO Google ini juga merupakan dasar untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO WordPress.

4 komentar:

  1. Berguna artikelnya bagi saya,,,yang baru blajar membuat blog..mksh..bnyak...

    BalasHapus
  2. Semoga Blog SEO Google untuk Indonesia ini bermanfaat dalam belajar membuat blog, aamiin.

    BalasHapus
  3. Menempatkan target keyword dimana ya gan, apakah cukup dengan meta tag?

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.