Minggu, 13 Maret 2011

Teknik Cara dan Tips Membuat Blog atau Website yang SEO Friendly

Membuat sebuah blog agar dapat dengan mudah dicari di Google harus memiliki struktur yang SEO friendly. Sebagai tahap awal membuat blog, berikut adalah link dari blog saya yang lain mengenai cara membuat blog atau website sederhana.

Bagi anda yang ingin membuat Blog atau Website ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan,  salah satunya adalah agar blog mudah dicari di Google. Agar blog mudah dicari di Google maka diperlukan pengetahuan mengenai teknik Search Engine Optimization atau SEO khususnya teknik SEO Google atau SEO blog.

Setiap dari kita ingin agar blog kita tersebut mendapatkan response yang baik dan dikunjungi banyak orang melalui search engine terutama Google, maka SEO Google sangat diperlukan. Blog ini berisikan informasi tentang teknik Google SEO yang mendasar, sehingga blog yang anda hasilkan dapat menjadi SEO friendly dan terindex dengan bagus di Google.

Berikut adalah tips SEO sebelum dan setelah anda memulai membuat blog atau website agar SEO friendly:
  • Yang terpenting adalah anda harus mempunyai fokus tema untuk apa membuat blog atau membuat website anda, sehingga content atau isi blog anda memiliki kualitas yang mumpuni. Jangan membuat blog yang fokusnya melebar.
  • Jika anda mempunyai beberapa tema, membuat beberapa blog untuk tema-tema tersebut sangat disarankan. Intinya, usahakan membuat satu blog atau membuat satu website anda dengan tema yang spesifik.
  • Usahakan konten atau artikel blog atau website anda seunik-uniknya dan berkualitas. Anda harus menulis atau membuat sesuatu yang fresh dan jarang blog atau website lain yang mempunyai kualitas isi yang sama.
  • Jika anda meminta orang lain (webmaster) untuk membuat blog atau membuat website template anda, pastikan webmaster itu bahwa anda menginginkan blog atau website yang SEO friendly. Saya yakin webmaster akan mengerti hal ini.
  • Jika anda akan menempatkan blog atau website anda di sebuah web hosting provider, pastikan kecepatan akses ke internetnya cepat karena salah satu algoritma Google untuk pencariannya adalah cepatnya akses ke blog atau website.
  • Pelajari teknik SEO Google Dasar sebelum anda memulai membuat blog atau membuat website. Hal ini perlu karena melakukan SEO yang baik adalah melakukannya sebelum blog atau website dibuat. Anda dapat belajar SEO dasar di blog SEO Google ini.
  • Pilihlah domain atau nama URL dan judul blog anda sesuai dengan tema blog atau website yang anda akan buat.
  • Maksimalkan untuk menautkan artikel-artikel yang berhubungan satu sama lain dengan internal link.
  • Jangan menggunakan cara-cara membuat blog atau membuat website hanya copy dan paste (copascontent website lain karena Google akan menempatkan posisi anda jauh di daftar pencariannya (SERP).
  • Jangan pernah berpikir instan kalau blog atau website anda akan dengan cepat dikunjungi banyak visitor dan menghasilkan uang dengan sekejap. Isi saja terus-menerus blog anda dengan cara membuat posting yang isinya berkualitas karena pengunjung akan kembali lagi jika mereka menemukan sesuatu yang menarik.
  • Daftarkan blog anda di directory dmoz.org.
  • Bersosialisasi dengan cara-cara melakukan share blog atau website anda melalui Facebook (jika bisa membuat Facebook Page untuk bisnis online di Facebook), Twitter, Digg atau blog walking (mengunjungi blog lain) dan memberikan komentar yang berkualitas di blog tersebut.
  • Lakukan perubahan-perubahan teknik SEO Google yang diperlukan agar blog atau website anda Search Engine Optimization friendly.
Referensi cara membuat blog sudah banyak tersedia di internet yang sangat variatif. Mulai dari teknik cara membuat blog di Blogspot/Blogger sampai dengan WordPress. Dari teknik cara membuat blog sederhana sampai harus merubah tampilan melalui CSS. Bahkan ada cara membuat template atau theme blog. Setiap referensi cara membuat blog yang menjadi ide anda untuk anda terapkan ke blog, lebih baik cari dan bandingkan beberapa referensi agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Mempercantik blog ketika membuat blog memang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Biasanya akan banyak widget atau icon yang ditambahkan ke blog. Hal ini bisa menambah kekuatan SEO blog atau bisa juga memperlemah SEO blog. Mempercantik blog juga harus memperhatikan efek yang akan timbul.

Setelah membuat blog, mempromosikan blog juga harus dilakukan dengan cara dan metode yang wajar. Sekali lagi, jika anda menginginkan blog mudah dicari melalui search engine seperti Google, maka teknik SEO adalah teknik yang harus dipelajari dan diimplementasikan ke dalam blog. Oleh karena itu cara-cara membuat blog yang SEO friendly agar blog mudah dicari di search engine menjadi suatu keharusan.

Membuat blog dengan hanya mengandalkan trafik dari hasil pencarian Google adalah langkah awal agar blog kita dikenal, selanjutnya adalah membuat trafik tadi menjadi pengunjung tetap blog kita. Inilah gunanya membuat blog kita menjadi blog yang berkarakter.

29 komentar:

  1. mas, kalau plugin WP buat SEO frinedly itu apa ya??

    BalasHapus
  2. All-in-One-SEO Plugin untuk Wordpress yang paling banyak dipakai dan menurut saya plugin ini cukup membantu untuk SEO dasar. Untuk Wordpress.com, ada beberapa cara SEO yang bisa digunakan, seperti Permalink, Setting Link, Setting Gambar. Pada dasarnya Wordpress memang bagus untuk SEO.

    BalasHapus
  3. Rofiek, di Blogspot harus beberapa setting harus dilakukan manual karena hampir tidak ada plugin untuk SEO. Cara-caranya ada semua di blog SEO untuk Indonesia ini. Thanks.

    BalasHapus
  4. Bos, blog ane dah ke index ma google. tapi sekarang pertanyaannya adalah untuk memunculkan Google snippetnya gimana ya? thanks :D

    BalasHapus
  5. Latif, blog ente snippet-nya sudah ada di index Google kok. Maksud enter sitelink atau snippet nih? kalau sitelink itu kita tidak bisa set karena tergantung dari Google. Kalau snippet bisa diambil dari meta tag description atau kata-kata yang relevan dari posting.

    BalasHapus
  6. Tips-tips yang bagus nih buat blogging dan SEO, keep posting!

    BalasHapus
  7. artikel yang mantap mas. semoga masnya ngak bosan-bosan memberikan ilmu seonya kepada semua pengunjung web anda ini. sekali lagi terima kasih banyak. semoga kebaikan anda dibls oleh allah swt.

    salam JASA SEO TERMURAH

    BalasHapus
  8. aamiin, terima kasih do'anya, semoga situs-situs Jenengan juga tambah berkah, aamiin.

    BalasHapus
  9. Wah satu lagi Ilmu dasar SEO yang penting. trim mas atas sharing ilmunya. Saya akan pantau terus mas artikelnya. salam

    BalasHapus
  10. artikelx pas mantab mas kebetulan sy baru membuat blog..terimakasih...

    BalasHapus
  11. tips-tipsnya sangat membantu sekali nich makasih ya..

    BalasHapus
  12. semoga aja blog saya udah menerapkan ini semua, karena pastinya bisa menmpatkan tempat bagus di search engine dika blog jadi seo friendly..

    BalasHapus
  13. Tips2 dari anda akan saya terapkan,, moga2 bisa memperoleh hasil yang memuaskan seperti blog anda
    terima kasih..

    BalasHapus
  14. jadi komentar saya ini juga salah satu langkah agar blog saya dikenal google yah? :)
    salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya iya. Termasuk ketika saya menjawab komentar-komentar. Karena Google akan melakukan re-index terhadapa posting ini.

      Hapus
  15. mkcih bngt infonya... salam kenal

    BalasHapus
  16. mantab artikelnya. ijin bookmark

    BalasHapus
  17. Oya apakah saya bisa menerapkan langsung ke blog saya yang masih baru? dan berapa lama kira-kira terbaca oleh SEO Google? thanks for The Info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca posting saya mengenai cara mempercepat index blog di Google. Langkah awal SEO.

      Hapus
  18. Wah, bagus nih info, jadi tau detail bikin blog, makasih infonya

    BalasHapus
  19. mantebh nih gan sharenya

    BalasHapus
  20. Membuat konten yang unik kayaknya rada sulit apalagi kalo konten yang berbau tutorial pasti agak2 mirip ama konten blogger lain ni
    btw thanks atas infonya, mantep banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masing-masing Blogger mempunyai karakteristik sendiri-sendiri.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.