Sabtu, 26 Februari 2011

SEO untuk Gambar | Cara dan Teknik SEO Google untuk Gambar

Teknik SEO Google Untuk Gambar adalah proses Google SEO yang menggunakan gambar agar hasil index di search engine, khususnya Google dapat lebih optimal.

Gambar bisa menjadi salah satu 'pintu' bagi halaman web kita untuk diakses melalui Google Search untuk Gambar. Bagi pemilik website yang sangat tergantung oleh gambar, metode teknik SEO/SEO Dasar / SEO Google ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan posisi SERP yang lebih baik di Google Search untuk Gambar.

Karena Google tidak bisa mengambil informasi dari gambar kecuali melalui atribut-atributnya, maka Search Engine Optimization gambar dapat dilakukan pada:
  • Nama File Gambar
Nama file dari gambar yang kita pasang di halaman web kita akan menjadi referensi bagi Google dalam melakukan crawl dan index. Melakukan SEO Gambar pada nama file bisa sangat membantu halaman web tidak hanya pada hasil Google Search untuk Gambar tetapi juga dalam SERP.

Memilih nama file gambar seharusnya relevan dengan content dari halaman web tempat gambar itu berada. Hal ini bisa menjadikan keyword density yang akan diperhitungkan kedalam proses index Google.
  • Atribut ALT Gambar
Menambahkan atribut ALT pada gambar, salah satu proses SEO untuk Gambar, dengan keyword yang relevan dengan content halaman web dan nama file gambar yang bersangkutan, dapat menambah nilai index anda di Google.
  • Tambahkan Caption Gambar
Menambahkan teks Caption pada gambar merupakan trik teknik SEO blog yang bermanfaat sebagai penambah keyword density pada halaman blog.

  • Tambahkan Title Tag Gambar
Menambahkan Title Tag pada gambar merupakan trik teknik SEO website yang bermanfaat sebagai penambah keyword density pada halaman blog.

Berikut adalah contoh dari metode SEO untuk Gambar :

SEO untuk Gambar
SEO Dasar Google - SEO Google untuk Gambar
Teknik Cara SEO diatas adalah termasuk cara SEO Blogspot atau SEO Blogger.

Di salah satu posting saya di blog seo ini  'Apa itu SERP?', saya menggunakan nama file (digaris warna biru) dan ALT gambar (digaris warna pink) tersebut dengan 'Dasar SEO SERP'. Saya coba search dengan keyword 'Dasar SEO' di Google Search untuk Gambar, berikut adalah hasilnya di halaman pertama www.google.co.id:

SEO untuk Gambar
Hasil di SEO Gambar di SERP Google

Di blog WordPress, setting seluruh informasi SEO untuk gambar dapat dimasukkan pada tab informasi seperti berikut:

Setting SEO untuk Gambar di Wordpress
Cara SEO gambar diatas adalah termasuk cara SEO WordPress.

SEO Gambar ini bermanfaat sebagai referensi untuk belajar SEO dan cara membuat blog

7 komentar:

  1. makasih bro infonya, kunjung balik, yah...

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali. Saya sudah berkunjung ke blog jenengan. Saran saya, lebih baik niche blognya diperjelas supaya SEO Google yang dilakukan jadi jauh lebih mudah. Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. saya pernah baca di blog lain, bahwa gambar kudu di kasih meta tag jg agar optimal mendongkrak posisi SERP katanya...?!

    BalasHapus
  4. Setahu saya, meta tag biasanya hanya digunakan untuk posting tempat gambar itu berada.

    BalasHapus
  5. aku cumamraktekin yang pakek (alt="penjelasan gambar") aja mas....setelah baca postingan ini jadi lebih paham lagi

    BalasHapus
  6. Selain ALT attribute, ada beberapa attribute untuk gambar yang bisa dipakai untuk membuat sebuah gambar makin relevan seperti yang saya jelaskan di posting.

    BalasHapus
  7. Terima kasih gan atas penjelasannya, soalnya ane masih newbi mengenai SEO ini, banyak gambar yang ane posting tapi belum dikasih Alternative text

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.