Senin, 21 Februari 2011

Apa itu SERP?

Setelah halaman web yang kita publish sudah di-crawl dan di-index oleh Google atau search engine, langkah selanjutnya adalah mencari posisi halaman web blog atau website tersebut didalam search index berdasarkan keyword yang kita cari melalui SERP atau Search Engine Result Page.

Jadi SERP atau Search Engine Result Page adalah hasil dari pencarian suatu keyword di search engine yang berupa daftar atau index halaman web.

Berikut adalah contohnya:

Dasar SEO SERP
Contoh SERP Google Indonesia


Satu hasil index di SERP terdiri dari (contoh satu hasil index di SERP bisa dilihat pada gambar dibawah):
  • Judul halaman web
  • Tanda Kaca Pembesar adalah untuk melihat halaman web terakhir yang berhasil di-crawl & index oleh Google Indonesia
  • Snippet adalah rincian dari halaman web tersebut. Untuk Google biasanya mengambil informasi Snippet dari Meta Tag Description.
  • URL halaman web
  • Tembolok atau Cached adalah tampilan halaman web yang disimpan (archive) oleh Google ketika melakukan crawl dan index.
Dasar SEO SnippetContoh SERP Google Indonesia

Posisi terbaik halaman web di SERP adalah pada urutan awal dari SERP, oleh karena itu diperlukan SEO Google untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Pengertian ini adalah hal penting untuk hasil SEO / SEO Dasar.

SERP bisa hanya menghasilkan hasil pencarian dengan jumlah halaman web ratusan bahkan sampai milyaran halaman web.  Masing-masing SERP hasil pencarian search engine memiliki persaingan yang unik, unik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Kualitas SERP dari hasil pencarian dengan keyword yang banyak dilakukan oleh pengguna search engine banyak menjadi incaran para blogger. Hal ini dikarenakan jumlah trafik yang cukup signifikan. Jika kita berhasil menempatkan blog atau website kita di halaman pertama atau bahkan di ranking 1 Google, maka jumlah trafik yang menuju blog atau website kita akan naik. Inilah gunanya SEO blog atau SEO website agar posisi blog atau website kita bisa berada di ranking 1 Google.

Posisi di SERP menjadi patokan para blogger untuk mengetahui kualitas teknik SEO dari blog atau website mereka. Semakin baik posisi SERP untuk blog atau website kita, maka semakin baik kualitas teknik SEO yang kita lakukan.

10 komentar:

  1. Makasih, tapi untuk pengaturan CMS SEO Joomla, susah banget, ada saran?

    situs-ku: Toko Sprei Murah dan Berkualitas
    www.spreishop.byethost8.com

    BalasHapus
  2. @Sprei Shop: Saya belum pernah coba Joomla tapi setelah saya kunjungi toko online Jenengan, saya bisa memberikan beberapa saran:

    1. Kurangi beberapa widget yang tidak perlu untuk toko online seperti jumlah visitor.
    2. Rearrange widget social media dan minimalkan jumlahnya.
    3. Jangan terlalu banyak frame.
    4. Restruktur navigasi website secara menyeluruh dengan toko online di halaman utama dan jadikan artikel/konten yang lain sebagai pendukung.

    Konten jenengan sudah cukup baik dan maksimalkan anchor text dari internal link.

    Saya mau sekali membantu untuk merestruktur toko online Jenengan.

    BalasHapus
  3. wakakakaka baru tau saya kalau singkatan SERP itu "Search Engine Result Page" ...

    Lumayan deh dapet ilmu baru, tar kan kalau ada yang tanya apa itu serp, saya bisa jawab...

    Thanks for info n sukses for you

    BalasHapus
  4. oo ternyata itu ya yang SERP.. thanks infonya gan..
    visit my blog http://www.hafizhalfurqon.blogspot.com

    BalasHapus
  5. mas mohon bantuan mas saya baru di dunia toko online
    gini dari blog2 lain menyarankan agar label itu di nofollowkan tp setelah saya cek menggunakan software nofollow dari mozilla orang yang menyarankan pun gak me nofollowkan webnya gimana solusinya mas ?
    soalnya toko online yang mau saya bikin ini memerlukan penlabelan http://shopjersey.blogspot.com/ thank's mas mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Label di Blogspot, baik di buat dofollow atau nofollow sama saja karena tidak diset untuk di-index oleh Google (default setting sitemap di Blogspot/Blogger). Untuk toko online, lebih baik baca posting saya ini:

      http://www.dasar-seo.com/2012/02/cara-menaikkan-posisi-peringkat.html

      Hapus
    2. coba cek blog saya mas apa kekurangan yang mendasar untuk SEO sebuah toko online?? saya mungkin akan memulainya dari dasar dulu sekarang saya belum tau kekurangan di blog itu mungkin kalo pakar SEO kayak mas bisa melihatnya

      mohon bimbingannya mas

      Hapus
    3. Kekurangan yang paling mendasar untuk toko online sampeyan sama sama dengan kekurangan untuk toko-toko online yang lain dan saran dari saya bisa dibaca disini:

      http://www.dasar-seo.com/2011/09/tips-seo-google-untuk-toko-onlineonline.html

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.